TIPS MEMASANG CENTRAL LOCK DAN ALARM REMOTE MOBIL

Bagikan ke teman andaShare on Facebook60Share on Google+2Tweet about this on Twitter10Email this to someone

Tips memasang central lock dan alarm remote mobil – Untuk pembaca setia mobil klasik antik yang ingin tampil keren dan tidak mau repot untuk mengunci semua pintunya secara manual kami akan berbagi sedikit tips mudah cara instalasi central lock dan alarm, sehingga tinggal pencet tombol saja pintu mobil akan terkunci sendiri.

Isi dalam satu paket central lock
tips memasang central lock dan alarm

Tips ini perlu sedikit ketelitian karena instalasi alarm sedikit repot dan perlu dibaca dengan teliti petunjuk manual yang dibawakan pada kemasan pembeliannya.

Sebenarnya kita bisa bawa mobil kita ke tempat penjualan aksesoris mobilKIRIM WHITE WALL KE KALIMANTAN. Read more ... » dan tinggal minta dipasangkan central lock dan alarmnya langsung disana, tentunya harga yang kita uang yang kita keluarkan akan lebih banyak bila dipasang di tempat aksesoris bukan?

Karena mereka menarik jasa pemasangan yang kalau dihitung-hitung bisa sama dengan harga central lock dan alarm nya.
Kalau di kota kami biaya pemasangan central lock dan alarm sekitar 600 ribu sampai 800 ribuan, padahal kalau kita beli sendiri harga central lock sekitar 75 sampai 125 ribu dan alarm 200 sampai 250 ribuan, silahkan kalkulasi sendiri selisih harga pembelian kedua alat itu dengan harga bila kita pasang sendiri.

Tips memasang central lock bisa anda aplikasikan pada mobil-mobil yang belum ada central lock nya atau yang central lock nya sudah rusak.

  • Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat pembelian central lock kit itu biasanya 1 dus berisi 4 buah pistol pengerak (lock actuator), satu set kabel untuk 4 pintu lengkap dengan jek konektornya( bila butuh 5 pintu bisa beli lock actuator 1 buah sendiri secara eceran, harga sekitar 25 ribu), sebuah central lock module dengan 8 pin konektor, 4 batang kawat penarik / pendorong, pelat tipis dan berlubang untuk dudukan lock actuator serta baut-baut.
  • Pasang masing-masing lock actuator pada pintu-pintu mobil persis dibawah batang pengunci atau penarik tuas knop pengunci pintu mobil (buka dulu doortrim nya karena memasangnya pada bagian dalam pintu mobil) dan sambungkan dengan batang ruji pengunci bawaan central locknya dengan membautkan secara berkaitan (lihat gambar) dengan batang pengunci bawaan mobil anda, atur sampai dudukan pas dan tidak seret sewaktu digerakkan untuk menarik atau mendorong batang pengunci pintunya.
tips memasang central lock dan alarm
  • Biasanya pada pintu utama mobil sedan bagian depan dan mobil minibus lainnya pemasangan lock actuator nya tidak usah memerlukan pelat berlubang untuk dudukan lock actuator, tapi cukup mengebor pintu bagian dalam saja untuk memasang lock actuator nya.
  • Untuk pintu belakang sedan klasik seperti corollaTOYOTA COROLLA KLASIK. Read more ... » bisa menggunakan pelat dudukan actuator bawaan central lock dan langsung dibaut saja sampai posisi benar-benar kencang. Yang perlu diingat yaitu ada sebuah lock actuator utama yang cirinya terdapat 5 buah kabel yaitu warna hitam, putih, coklat, hijau dan biru yang harus dipasang pada pintu depan kanan atau pintu pada setir, sedangkan 3 buah lainnya berkabel cuma dua warna yaitu warna hijau dan biru saja danbisa dipasang pada pintu yang lainnya.
  • Setelah lock actuator terpasang semua barulah disambung dengan kabel bawaan dari central lock dengan cara memasangkan jek-jek konektornya sampai dengan pin konektor yang menuju ke module central lock nya (pasangkan kabel sesuai warnanya). Tempatkan module central lock pada tempat yang tertutup, misalnya dibawah dasbor mobil.
  • Setelah instalasi tersambung semua, kabel merah papa pin konektor module kita sambungkan dengan kabel setrum di mobil yang langsung dari aki (+) untuk yang Merah dan kabel hitamnya pada bodi atau kabel minus aki.
  • Cek dengan cara menarik dan menurunkan tuas pengunci pintu mobil bagian kanan depan yang sudah terpasang dengan actuator utama. Bila ketiga pintu lainnya ikut terkunci atau terbuka pada saat kita memainkan tuas pengunci pintu depan kanan berarti instalasi central lock pada mobil klasik anda sudah berhasil dengan sukses.

Cara kerja central lock itu cukup sederhana yaitu penggerak utama adalah actuator yang ada pada pintu kanan depan yang didalamnya berisi dinamo yang kerjanya menyambung atau memutus arus bila tuas pintu digerakkan naik turun. Kemudian arus yang terjadi di teruskan ke central modul yang berfungsi untuk membagi keseluruh lock actuator lainnya karena di modul ini berisi rangkaian elektronika dan relay-relay.

Arus listrik yang masuk ke modul akan stand b sebelum ada perintah dari lock actuator utama yang bisa digerakkan secara manual dengan ditarik atau diturunkan tuas pengunci pintunya atau bisa juga secara otomatis dengan cara menempelkan kabel putih dan coklat yang terdapat di modul secara cepat (menempelkan kemudian melepasnya dengan cepat)

Kedua kabel ini (warna coklat dan putih) yang nantinya bisa disambungkan dengan kabel dari alarm system sehingga bisa kita kendalikan langsung secara otomatis melalui remote.

Kapan-kapan kalau ada pekerjaan ini di bengkel akan kami buatkan videonya untuk anda, sementara beberapa kali kami memasang belum sempat kami dokumentasikan karena pekerjaan memasang central lock bukan spesialisasi kami, tetapi karena banyaknya email yang meminta cara memasang central lock ini untuk mobil tua mereka maka kami akhirnya jelaskan disini secara globalnya.

Bagaimana menyambungkan central lock dengan remote alarm?

Pertama-tama kita membeli remote alarm mungkin kita bingung karena kita mendapatkan satu set modul yang berisi banyak sekali kabel-kabelnya. Akan tetapi kami akan jelaskan sedikit mengenai kabel-kabel yang utama saja artinya kabel-kabel utama ini yaitu kabel yang umum dipakai pada pemasangan remote alarm (silahkan baca panduan instalasinya yang ada pada paket pembelian alarm untuk mobil anda).

Secara global kabel-kabel yang ada pada alarm dibagi dua, yaitu satu bagian yang terhubung dengan instalasi kelistrikanMODIFIKASI HEADLAMP MOBIL KLASIK ANTIK. Read more ... » mobil, satu bagian lagi yang terhubung ke central lock yang baru anda pasang diatas.

Isi dalam satu paket alarm
tips memasang central lock dan alarm

Bagian kabel yang terhubung dengan instalasi kelistrikan mobil anda yaitu (biasanya pabrikan alarm menggunakan warna-warna kabel yang sama):

  • Merah (dengan fuse atau sekring dan kabel agak besar) bagian kabel yang terhubung ke aki langsung (+).
  • Hitam (ground, kabel agak besar) terhubung ke bodi (-)
  • Merah Hitam ke arah bagasi/trunk kebanyakan tidak dipakai (potong pendek saja)
  • Coklat (ada 2) terhubung ke lampu sein kanan dan kiri (bukan ke kabel hazard)
  • Pink terhubung ke speaker (sirine) bawaan dalam satu paket pembelian, bila mau dihubungkan ke klakson mobil perlu dipasang riley sendiri.

Disamping itu ada kabel terpisah sendiri (biasanya berisi 5 pin kabel) yaitu:

  • Biru dihubungkan ke switch pintu (-), biasanya terhubung dengan lampu plafon.
  • Putih ke acc atau kontak on (bila kontak mobil anda tanpa acc)
  • Oranye ke foot brake atau kabel switch rem belakang.
  • Dua kabel lain yaitu merah kecil untuk switch pintu (+) dan kuning yang ke relay starter tidak dipakai, sebaiknya potong saja.

Kabel lain yang terhubung ke central lock ada 6 dengan warna-warna seperti oranye, putih (dengan fuse atau sekring), kuning, oranye hitam, putih hitam (dengan fuse) dan kuning hitam.

Untuk menghubungkan keenam kabel dari alarm tersebut yang akan menuju ke central lock yang cuma dua kabel saja (putih dan coklat, silahkan baca bagian akhir tulisan kami diatas pada saat mengetes central lock berjalan baik atau tidak) perlu dilakukan penyambungan secara pararel dari 6 kabel tersebut diatas sebagai berikut:

  • Kabel Oranye dan Oranye Hitam dipararel dan disambungkan ke bodi mobil atau kabel Hitam ground(-), kabel Kuning dan Kuning Hitam dipararel dan disambungkan ke kabel Merah besar yang ke aki (+)
  • Kabel Putih dan Putih Hitam disambungkan ke kabel Putih dan Coklat pada central lock, silahkan dicoba dengan alarm nya dengan memencet tombol buka kunci dan tutup kunci untuk mencocokkan kabel yang pas. Pasangan kabel ini bisa dibolak balik artinya kabel putih pada alarm bisa ke kabel putih atau coklat pada central lock begitu pula sebaliknya.

Silahkan kabel-kabelnya anda potong secukupnya untuk menghindari kesemrawutan pada modul dan dasbor anda, jangan lupa untuk mengisolasi semua sambungan dan rapikan agar tidak terlihat dari luar, modul alarm bisa dipasangkan berdekatan dengan modul central lock, lampu indikator bisa anda tempatkan pada dasbor atau bagian lain sesuai selera anda.
Silahkan mulai coba melalui remote yang disediakan pada paket pembelian alarm mulai untuk membuka, mengunci, sirine dan lain-lain.

Demikian sedikit tips cara memasang central lock dan alarm pada mobil klasik anda semoga bisa memberikan pencerahan dan membantu anda untuk mengirit biaya pemasangan central lock mobil anda.

Untuk kejelasan selanjutnya bisa anda tanyakan langsung atau bisa bertanya melalui forum yang ada pada blog kami ini.
Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Informasi tambahan :

  • Untuk mobil lain dan sedan pada umumnya semua merek central lock bisa diaplikasikan.
Bagikan ke teman andaShare on Facebook60Share on Google+2Tweet about this on Twitter10Email this to someone

7 thoughts on “TIPS MEMASANG CENTRAL LOCK DAN ALARM REMOTE MOBIL”

  1. Saya pasang central lock pada mobil suzuki, namun setelah saya cek dengan cara menarik dan menurunkan tuas pengunci pintu mobil bagian kanan depan, ketiga pintu lainnya Tidak ikut terkunci/terbuka. Namun jika melalui saklar central lock, proses buka/kunci ke empat pintu bisa berjalan. Dimana letak kesalahannya? Sudah dibongkar dan dirakit ulang juga sama. Makasih

    1. Kalau central lock nya terhubung dengan alarm memang fungsi dari actuator utama yang terdapat pada pintu kanan depan sama dengan actuator lainnya, yaitu hanya bisa dibuka dan dikunci dengan alarm atau remote. Bila akan dihubungkan dengan switch untuk buka tutup dan bisa berfungsi sebagai pengendali semua pintu, switch yang digunakan adalah switch pegas seperti switch pada bel rumah yang berfungsi bila switch ditekan ada arus dan bila dilepas putus, bukan switch on off seperti punya bapak.

  2. 1.Instalasi central lock sudah saya lakukan dan berhhasil (menyisakan dua kabel putih dan coklat).
    2.Kemudian saya berniat menambahkan remote keyless entry system tanpa alarm merk bighawks. Pada wiring diagram remote ada kabel warna: abu2, coklat, biru, hijau kuning dan kuning/hitam. Yang ini bagaimana cara pemasangannya?

    1. pada pemasangan remote untuk penyambungan jalur yang mau disambung ke central lock biasanya tersendir, pada pemasangan central lock punya mobil anda berarti menyisakan dua kabel coklat putih yang berfungsi sebagai switch on/off atau buka tutup kunci pintunya. Hampir semua produk remote keyless pada wiring diagram nya jalur yang menghubungkan ke central lock biasanya ada 4 ( umumnya putih, putih hitam dan kuning, kuning hitam) coba cek lagi punya anda.
      Untuk mendapatkan 2 jalur yang nantinya disambungkan pada kabel central lock biasanya dibuat model + dan – ( silahkan baca pada petunjuk manualnya) dengan menggabungkan kabel kuning, kuning hitam dan kabel + aki menjadi jalur positive dan kabel putih, putih hitam dan kabel – aki menjadi kabel negative.
      Selanjutnya silahkan sambung dengan kabel central lock yang menyisakan kabel coklat dan putih dengan mencoba langsung remotnya (ini bisa dibolak-balik penyambungannya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>