MENGATASI BUNYI DAN SETIR YANG BERAT DI COROLLA DX

Mengatasi bunyi dan setir yang berat di corolla dx – Mobil sedan klasik ini sekarang memang lagi naik daun karena banyak yang suka serta mesinnya sangat bandel. Merawat mobil tua seperti corolla dx sebenarnya sangat mudah, apalagi bila anda mendapatkan mobil ini dari keluarga atau teman dekat tentunya mereka merawatnya dengan baik karena memang mobil dipakai sendiri.

mengatasi bunyi setir corolla dx

Secara umum toyota corolla dx jarang rewel, permasalahan yang kadang sering terjadi adalah pada setirnya yang sering terdengar suara “dug dug” sehingga terdengar sangat tidak nyaman. Suara “dug-dug” ini akan sering terdengar sangat keras bila si corolla dx ini anda pakai untuk melewati jalanan yang kurang halus (nah..lo..) padahal hampir semua jalanan di Indonesia nggak ada yang halus apalagi di luar Jawa.

cross joint setir

Masalah yang lain dari setir corolla dx adalah pada saat kita parkir, pokoknya setengah hidup deh beratnya, maka kalau anda tidak punya trik cara parkir yang benar akan lama banget tuh bila anda memarkirkan si corolla dx ini di tempat parkir yang pas-pasan alias sempit.

Nah dari sedikit pengalaman kami menangani setir toyota kijang dan setir mobil lainnya kami ingin berbagi tips dari cara sederhana sampai cara yang rumit untuk mengatasi bunyi “dug-dug” dan setir yang terasa berat di corolla dx ini.
Permasalahan bunyi “dug-dug” pada setir corolla dx ini biasanya karena baut pada as setir bawah yang tersambung dengan rack end kendur atau aus, atau bisa juga karena cross joint setir yang menyambungkan tangan setir dari atas (panjang)ke bagian tangan setir yang pendek (bawah) juga sudah aus. Cross joint ini berfungsi fleksibel dan bergerak naik turun sesuai pergerakan suspensi, kalau cross join ini tidak presisi karena sudah aus maka pada saat roda melewati jalanan yang kasar akan bergetar dan bersuara “dug-dug” bahkan getarannya bisa sampai setir.
Solusinya adalah mengganti cross joint dengan yang baru, kencangkan baut pengunci sambungan tangan setir bawah dengan rack end. Biasanya hanya ini saja permasalahannya untuk menghilangkan bunyi dug-dug yang mengganggu.

Beda lagi untuk menghindari setir yang terasa berat harus dicek dari mulai pemakaian ukuran ban dan velg hingga pada permasalahan rack end yang sudah rusak. Cara sederhanan untuk menganalisa setir berat di corolla dx anda harus gunakan velg standar dulu agar bisa membandingkan dengan velg racing yang lebar. Coba anda putar mobil anda 180 derajat atau untuk belok memutar, bila kemudi terasa berat maka kemudi akan kurang respon untuk berputar balik sendiri, ini terjadi karena pelumas yang ada didalam rack end yang sudah hilang sehingga gigi-gigi didalamnya sudah aus. Rack end ini sudah paket dari pabrik pembuatnya jadi sebaiknya ganti dengan rack end baru saja.

Kemungkinan kedua adalah rusaknya boljoin yang mungkin pernah di servis, sebaiknya ganti saja dengan boljoin baru demi kenyamanan berkendara anda.

Setelah semuanya teratasi silahkan anda cek juga tekanan angin dalam ban depan, angin yang kurang juga akan berakibat setir terasa berat dan ban anda juga akan cepat aus sehingga akan memperpendek umur ban bila mobil anda sering dipakai harian.

Cara yang paling mahal lagi adalah memodifikasi setir corolla dx dengan power stering, cara ini merupakan alternatif yang paling mudah sehingga anda akan lebih nyaman untuk berkendara dengan mobil kesayangan anda ini. Silahkan anda berkreasi dengan bengkel kepercayaan anda untuk merubah sistem setir manual corolla dx anda dengan power stering. Modifikasi power steering ini bisa kita aplikasikan milik toyota starlet atau toyota corolla twincam, tinggal modifikasi dudukan rack steer dan memasang tempat oli power steringnya saja.

Demikian beberapa alternatif menganalisa bunyi dan setir yang berat pada corolla dx anda.

tags: , ,