PENTINGNYA RESTORASI KABEL-KABEL PADA MOBIL TUA

Pentingnya restorasi kabel-kabel pada mobil tua – Pertama-tama kami ingin berbagi pengalaman kepada anda penggemar mobil tua yang ingin tetap eksis dengan penampilan yang tetap prima. Pada sebagian orang yang belum mengenal mobil tua dan klasik memang terdengar perkataan yang agak negatif, seperti ngapain punya mobil tua, sudah nggak jaman, repot mengurusnya, susah suku cadangnya dan masih banyak lain sindiran yang menyudutkan.

restorasi kabel mobil tua

Tapi kalau kita sebagai pecinta mobil tua apalagi mobil itu punya nilai sejarah yang tinggi anggapan seperti itu tidaklah kita hiraukan. Kata pepatah dianggap pria belum mapan dan kaya kalau nggak punya mobil tua.Okelah itu sekilas info saja buat anda agar tetap semangat dalam merawat mobil tua anda.
Nah dari berbagai telepon yang sering kami terima banyak orang yang hanya setengah tanggung saja dalam mereka mau restorasi atau modifikasi mobil tua, tentu saja bila kami sebutkan biaya yang dibutuhkan untuk merestorasi sebuah mobil tua yang harganya cuma dibawah 20 jutaan dengan biaya yang hampir 2 kali atau bahkan empat kali harga mobilnya mereka langsung tidak percaya. Nah itu lah yang namanya setengah tanggung tadi.
Dalam beberapa restorasi yang kami kerjakan bukan hanya kita melakukan repaint atau hanya ngelas-ngelas saja, ada beberapa faktor utama mengenai karakteristik sebuah mobil yang mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai hal ini, sebagai contoh saja adalah masalah kelistrikan dan kabel-kabelnya. Kalau kita tidak mengerti dan menganggap sepele bisa sangat berbahaya karena biasanya untuk masalah kabel ini sangat rentan terjadi arus pendek. Tentunya anda sering mendengar beberapa kasus mobil terbakar bukan? Produsen mobil baru juga ada yang menarik produksinya karena permasalahan pada kabel ini.

restorasi kabel mobil tua

Untuk restorasi kabel mobil tua tentunya beda dengan mobil yang masih tergolong baru, kita harus bisa mengganti kabel-kabelnya sesuai standar aslinya dan memodifikasinya bila si pemilik menginginkan beberapa jalur untuk keperluan lainnya sehingga kita tidak melakukan jumper-jumper pada kabel yang tentunya akan sangat membahayakan karena penambahan daya yang lebih besar pada kabel standar yang kita pakai.

Dari pengalaman kami membongkar mobil tua, rata-rata kualitas kabelnya masih bagus bila mobil itu tidak banyak jumper-jumpernya, hanya terkadang kondisinya yang sudah mengeras jadi perlu diganti dengan kabel baru yang berkualitas sama.
Maka sebaiknya bila anda melakukan restorasi mobil tua anda sebaiknya perkabelan juga perlu anda pikirkan untuk di seting ulang.
Karena bila kita sedang restorasi total akan lebih mudah untuk mengecek semua perkabelannya, jangan tanggung bila anda ingin restorasi mobil tua untuk tetap tampil prima.

Pengalaman kami sewaktu melakukan test drive mobil tua yang tidak merestorasi kabelnya juga yaitu mobil mati total ditengah jalan tanpa ada aba-aba sama sekali, bayangkan bila ini terjadi sama anda, dijamin bingung dan panik apalagi bila terjadi dikeramaian kota.

Setelah mobil kami pinggirkan (tentu saja kita dorong) akhirnya kami cek semua kelistrikannya mulai dari aki apakah ada kabel yang kendur atau tidak sampai ke sekring-sekring semuanya. Bila aki tidak mengisi tentunya ada peringatan sebelumnya seperti lamu yang kian lama semakin redup atau klakson yang suaranya juga agak lemah dari pada biasanya, atau kalau mau lebih detil cara ngecek pengisian aki normal atau tidak dari dinamo amper bisa anda lakukan cara sederhana seperti yang pernah kami bahas dengan judul cara mengetes pengisian dinamo ampere (silahkan dibaca-baca lagi ya).

restorasi kabel mobil tua

Sebelum terjadi mati total dengan aki habis tanpa setrum seperti yang kami alami diatas memang sering ada tanda-tanda mobil kadang sering tersendat seperti ada bahan bakar yang mau habis atau ada kotoran dalam tankinya. Permasalahan ini yang kadang kita hanya memahaminya seperti itu, lalu kita bawa ke bengkel untuk tune up dan bisa normal lagi, nanti akan muncul masalah tersendat-sendat lagi, tune up kemudian normal lagi sampai kadang kita bosan juga dan mengira bahwa permasalahan ada pada karburator dsb.
Kembali ke permasalahan setelah kami agak lama mencari sumber permasalahan yang menyebabkan mobil tua kami mogok dengan tiba-tiba dan setrum langsung habis, langkah awal adalah kita harus jumper akinya dengan aki lain yang masih normal setrumnya, setelah kita start dan mesin bunyi kita cek semua perkabelannya, ternyata kabel pengisian dari dinamo ampere setelah kita kuliti banyak yang aus sehingga pengisian kurang lancar yang pada akhirnya secara tiba-tiba aki akan kehabisan arus dan akhirnya mati secara mendadak.

Hal tersebut diatas sebenarnya masalah sepele saja, tapi bila anda kurang berpengalaman mengenai permasalahan seperti yang kami alami yaitu mobil sering tersendat mungkin hanya seputar karburator saja yang kita jadikan biang kerok permasalahannya, padahal kelistrikan atau kabel-kabel juga sanat berperan penting sekali yang menyebabkan mobil anda mogok atau mati secara tiba-tiba.
Maka dari itulah pentingnya restorasi kabel-kabel pada mobil tua kita lakukan.
Demikian sekilas info dari kami yang mungkin bisa untuk saling berbagi pengalaman kepada anda semua pecinta mobil tua.

tags: ,