TIPS MENAMBAL BUMPER MOBIL YANG BOLONG

Tips Menambal Bumper Mobil yang Bolong

Kali ini kami mendapatkan tantangan lagi untuk mengerjakan penambalan bumper sedan Mercy sekitar tahun 1996 yang bolong akibat tertabrak motor.  Pada saat pertama kali mobil datang ke bengkel kondisi bodi secara umum masih bagus, jadi kita tidak perlu mengerjakan ketok magic untuk bodinya.

memperbaiki-bumper-bolong-1

Hanya saja kondisi bumper samping belakang bagian kanan yang bolong, velg racing bagian kanan belakang juga sedikit bergelombang sehingga velg harus kami bawa dulu ke tukang setel velg racing mobil. Nah si pemilik mobil katanya sudah pernah membaca artikel kami yang pernah kami tulis disini juga yaitu mengenai cara memperbaiki bumper plastik yang pecah.

Pemilik Mercy ini tertarik untuk mencoba cara yang pernah kami jelaskan dalam memperbaiki bumper yang pecah, dan dia juga membaca tulisan kami mengenai cara menambal bodi mobil hanya dengan bubuk kopi saja. Dan mengatakan pada kami sangat aneh banget serta apakah ketahanannya akan teruji.

memperbaiki-bumper-bolong-2

memperbaiki-bumper-bolong-3Setelah kami jelaskan secara detail akhirnya dia yakin dan percaya kepada kami, sehingga mobil mercy nya yang bumpernya bolong akhirnya kami kerjakan, akan tetapi bahan yang digunakan tidak mau menggunakan pelat dengan alasan tertentu akhirnya kami berinisiatif untuk melakukan penambalan bumper bolong yang dengan menggunakan pralon air.

Nah… langkah-langkah yang dipersiapkan untuk menambal bumper mobil berbahan plastik yang bolong sebenarnya sangat mudah sekali, berikut caranya :

Pertama kita buat dulu pola dari kertas karton dengan membuat ukuran yang sama dengan bolongnya, pada penambalan yang kami kerjakan ini diameter bolonganya  20 cm dan 15 cm, jadi kita buat pola dengan karton sesuai ukuran tersebut.

Kedua belikan pipa pralon pvc (pakai merek yang bagus karena lebih elastis) secukupnya dengan ukuran yang telah diukur tadi. Potong/ gunting secara vertikal pipa pralon dan panaskan sehingga pipa pvc nya menjadi seperti lembaran pelat.

memperbaiki-bumper-bolong-4

memperbaiki-bumper-bolong-5Ketiga jiplaklah pola yang kita buat dengan dengan kertas karton pada lembaran pralon, kemudian potongan ini kita tempelkan pada bumper yang bolong dengan bantuan lem dan bubuk kopi.

Keempat setelah lembaran pralon menempel pada bagian bumper yang bolong, amplaslah bagian itu untuk menghilangkan sisa bubuk kopi sekaligus untuk meratakan permukaan yang bolong tersebut.

Kelima dempulah sedikit saja untuk meratakan dengan bagian bumper lainnya, setelah itu lakukan pengecatan agar warnanya sama dengan cat aslinya. Silahkan baca juga cara menyamakan warna cat lama dan baru biar sama yang juga sudah kami tuliskan pada artikel lainnya di blog ini.

Sekian dulu mengenai tips menambal bumper mobil yang bolong, semoga bisa bermanfaat buat anda yang mau melakukan sendiri perbaikan mobil anda.

Silahkan cek videonya dibawah ini :

tags: ,