TIPS MENGENALI MOBIL BEKAS BANJIR

Bagaimana Cara Mengenali Mobil Bekas Banjir

Tips mengenali mobil bekas banjir – Jakarta banjir, dimana-mana banjir banyak mobil yang terendam banjir. Sudah dipastikan setiap musim hujan di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia kebanjiran.tips mengenali mobil bekas banjir

Beberapa mobil mewah dan mobil baru juga tidak luput dari banjir dan sudaha tentu pasca banjir reda banyak pemilik mobil-mobil bekas banjir dapat dipastikan akan menjual mobil-mobil mereka, tentunya harga sangat bervariatif tergantung kondisi seberapa parahnya musibah banjir yang menimpa mobil mereka.

Siapa yang diuntungkan? Jawabannya tentu saja penjual mobil dong. Karena mereka yang punya duit untuk memborong mobil-mobil bekas banjir dengan harga murah sekali, kemudian dengan sedikit trik mobil disulap seperti mobil yang masih baru dan seperti mobil yang tidak terkena banjir.

Kita sebagai konsumen yang mau membeli mobil bekas tentu saja harus hati-hati bila kita akan beli mobil dari daerah-daerah yang baru saja kebanjiran. Maka dari itu beberapa cara dan ketelitian kita perlukan untuk bisa teliti tentang masalah mobil bekas banjir yang tentunya kita tidak ingin membeli mobil tersebut dengan harga yang tinggi, kalau harga murah sih itu lain lagi dong. Tentunya kita tidak ingin membeli mobil seperti kucing dalam karung bukan?

Kenali beberapa cacat yang mungkin masih terlihat pada mobil bekas banjir sebelum anda membelinya dan jangan terkecoh dengan mobil yang dalam kondisi mulus dengan kita cek beberapa  hal sebagai berikut:

Mobil-bekas-Banjir

1. Cek Surat-surat

Surat-surat atau STNK dan BPKB adalah identitas suatu mobil, cek dengan teliti surat-suratnya yaitu asal-usul mobilnya dari mana apakah asal-usul atau alamat pada STNK tersebut dari daerah yang sering kebanjiran atau tidak.  Pokoknya ini penting sekali untuk anda periksa agar tidak menyesal kemudian.

2. Cek Buku Servis Manualnya

Bila mobil yang akan anda beli masih tergolong baru, kira-kira umurnya belum ada 10 tahunan, tentunya buku servis manualnya masih ada dan seringnya disimpan dimobil. Nah periksa dengan teliti apakah buku servisnya rusak atau ada bekas airnya apa tidak. Ini bisa kita pakai sebagai acuan apakah mobil tersebut pernah kebanjiran atau tidak.

3. Periksa bekas noda-noda dan bau yang tidak sedap seperti lumpur dan lain-lain.

Seperti biasanya dampak banjir adalah terbawanya lumpur juga, disini perlu anda periksa bekas-bekas noda lumpur baik pada eksterior maupun interior.  Untuk eksterior mungkin sudah dicuci sebelum dijual, tetapi pada beberapa titik seperti pada karet-karet pintu biasanya masih ada sisa-sisa pasir atau lumpurnya.

Untuk interior sangat mudah kita kenali dengan melihat beberapa panel-panel interior, jok maupun karpet dan beberapa disudut dasbor, periksa apakah ada bekas lumpur atau tidak.

Kenali bau lumpur didalam mobil karena sebersih apapun kotoran bekas banjir yang mengenai dasbor atau busa di jok mobil baunya akan bisa kita deteksi karena memang lumpur yang meresap pada busa sukar sekali hilangnya

4. Periksa aksesoris dan kelengkapan mobil

Terutama pada interior, cek sarung jok apakah baru ganti dan terlihat baru bila perlu copot sarungnya untuk melihat kondisi asli jok mobil anda. Periksa bagian-bagian lain yang tersembunyi, buka semua karpetnya barangkali ada bagian yang masih baru yang kemungkinan baru saja diganti oleh kebanyakan penjual mobil kalau tahu mobilnya habis kebanjiran.

5. Cek baut-baut dan bumper

Apabila mobil yang mau anda beli masih tergolong baru dan kita temukan baut-baut pada bumper atau pada bagian dalam seperti baut-baut pada rem tangan yang karatan atau terlihat basah maka dapat dipastikan mobil tersebut bekas kebanjiran.

6. Periksa Perangkat Elektronik

Langkah umum lainnya yang selalu dilakukan jika akan membeli mobil bekas adalah dengan mengecek fungsi-fungsi perangkat elektroniknya.

Dengan menghidupkan mobil sekaligus mengendarainya, lakukan juga pengecekan fungsi elektrikal yang ada. Seperti lampu utama, lampu sein, lampu kabin, central lock, power window, radio tape, lampu dasboard, wiper, sekring dan lain-lainnya. Lakukan secara berulang untuk memastikan semua berfungsi dengan normal.

7.  Minta bantuan bengkel kepercayaan anda

Bila anda belum yakin benar akan mobil yang anda beli sebaiknya minta bantuan bengkel kepercayaan anda untuk ikut mengecek beberapa komponen yang mungkin anda tidak tahu karena bengkel yang berpengalaman tentunya bisa teliti akan cirri-ciri mobil bekas banjir atau tidak. Bila anda juga merasa ragu-ragu sebaiknya jangan ambil resiko untuk membeli mobil bekas banjir, cari yang lain saja yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda.

Demikian sekilas info mengenai tips mengenali mobil bekas banjir atau tidak bila anda berkeinginan untuk membeli mobil bekas pada saat-saat sekarang ini yang memang lagi musim banjir maupun pada saat dalam keadaan normal untuk bisa mengantisipasi kerugian yang banyak dalam membeli mobil bekas.

Jangan lupa simak juga tips jual beli mobil bekas untuk lebih meyakinkan anda sebelum membeli mobil bekas.

tags: ,