TIPS MENGHINDARI MOGOK SAAT BANJIR

Mencegah Mobil Mogok Saat Banjir

Beberapa waktu yang lalu kami sudah menuliskan tips berkendara di waktu hujan, itu merupakan tips secara umum bagi kita semua untuk mempersiapkan beberapa kemungkinan atau kendala yang kita hadapi sewaktu berkendara di waktu hujan.

menghindari mogok saat banjirKali ini kami akan sedikit berbagi pengalaman kami saat berkendara dalam melewati banjir. Seperti pada saat sekarang ini pada berita-berita di tv dan media lainnya yang banyak meliput masalah banjir yang terjadi di Indonesia, terutama yang sedang melanda beberapa wilayah di Jakarta. Masalah mogok di tengah jalan saat kebanjiran bukan hanya untuk mobil-mobil tua, mobil baru pun akan mempunyai masalah yang sama pada saat melintasi banjir. Mungkin anda pernah baca di media tentang sebuah sedan yang harganya milyaran yaitu merek Roll Royce yang keok atau mogok digenangan air dekan bundaran Hotel Indonesia beberapa saat yang lalu.

Banyak sekali kendaraan yang mogok saat melewati banjir karena mereka kurang memahami beberapa tehnik berkendara disaat melintasi genangan air atau banjir. Untuk anda yang saat ini bekerja dan naik mobil sendiri dan terpaksa harus melintasi banjir ada baiknya membaca tips dari kami untuk bisa melintasi banjir dengan aman, tips ini berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah mengikuti off road dan beberapa pengguna kendaraan lain yang ikut menyumbangkan pengalamannya kepada kami.

1. Gunakan mobil dengan transmisi manual.

Khususnya anda yang di kota dengan lalu lintas yang padat penggunaan mobil dengan transmisi manual sangat kami sarankan saat melewati banjir, karena kita bisa atur sendiri speed dan rpm atau putaran mesin secara manual. Permainan antara gas dan kopling bisa kita atur saat melewati genangan air. Kalau anda menggunakan mobil matik saya jamin keok saat melintasi banjir dengan ketinggian air yang sama dengan posisi mesin.

mobil-mewah-mogok-banjir

2. Cek posisi kabel busi serta amankan delco.

Sebelum kita melewati genangan air pastikan kabel busi tidak kendor sehingga air tidak masuk melalui celah kabel dengan mesin. Delco juga perlu kita amankan karena piranti ini merupakan bagian penting untuk masalah kelistrikan pada mobil, pastikan karet sealnya masih berfungsi baik dan belum keras.

 

3. Matikan AC mobil dan peralatan lainnya.

Untuk menghindari beban mesin pada saat melintasi banjir sebaiknya matikan AC dan perangkat listrik lainnya seperti pemutar audio dll, sehingga beban mesin menjadi lebih berkurang dan untuk menghindari konsleting atau arus pendek. Bila keadaan diluar masih hujan anda bisa gunakan cara manual untuk menghindari kaca mobil yang berembun karena ac dimatikan, silahkan dibaca kembali tips mengatasi kaca mobil yang berembun bila hujan.

 

4. Gunakan selalu gigi transmisi rendah.

Pada saat anda melintasi banjir penggunaan transmisi tinggi tidak disarankan, gunakan hanya gigi 1 atau 2 saja dengan permainan gas, kopling serta usahakan sedikit menginjak rem. Atur jarak aman dengan mobil didepan anda agar tidak terjadi benturan dengan kendaraan di depan anda. Usahakan injak gas rpm diatas 1000 untuk menghindari air masuk lewat lubang knalpot, mainkan antara kolpling dan gas, sedikit saja anda lengah dan gas turun air bisa masuk melalui knalpot dan dipastikan akan mogok.

 

5. Hindari arus air dari arah samping.

Pada beberapa titik banjir terkadang tidak hanya genangan air saja yang harus kita waspadai adalah arus air yang datang dari samping karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan kita. Pengalaman teman kami mobilnya sampai terjungkal dan terbawa arus, sangat fatal bila anda berani coba-coba melintasi genangan banjir dengan arus yang besar dari samping. Biasanya arus air dari samping bila kita melewati jembatan sungai yang tergenang, maka dari itu kenalilah titik-titik banjir yang akan anda lewati.

 

6. Siapkan peralatan darurat.

Tambang atau kalau perlu whinc perlu juga kita siapkan untuk memudahkan evakuasi bila benar-benar kita perlukan pada saat melewati banjir. Persiapkan sedini mungkin sebelum anda melakukan perjalanan yang jauh.

 

Bila anda bisa melewati banjir dengan sukses dan tidak mogok ditengah genangan air maka dapat dipastikan mobil anda tidak akan terjadi masalah serius seperti masuknya air kedalam mesin atau lainnya, masalah utamanya yaitu hanya pada interior atau pada ruang mesin yang kotor karena banyaknya lumpur yang terbawa oleh mobil, sebaiknya bersihkan dengan segera untuk menghindari karat dll.

Akan tetapi bila mobil anda dengan sangat terpaksa mogok ditengah banjir maka beberapa hal yang perlu kita kerjakan adalah:

1. Kuras semua oli atau pelumasnya

Kita harus segera mengecek mesin dan menguras habis semua pelumasnya baik itu oli mesin, oli transmisi dan oli gardan serta oli power stering bila mobil anda sudah menggunakan power stering. Ganti dengan segera dengan pelumas atau oli baru yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil anda.

2. Cek kondisi mesin

Setelah oli semua baru cek kondisi mesin dengan cara dihidupkan dan dengarkan apakah ada suara-suara mesin yang mencurigakan dan beda dari suara mesin sebelum mobil anda mogok di tengah banjir. Segera hubungi bengkel mobil kepercayaan anda untuk segera mengganti beberapa parts yang mungkin rusak sewaktu terkena banjir.

 

3. Cek kondisi rem

Sehari saja mobil anda mogok ditengah banjir maka rem anda biasanya akan berkarat, sehingga bisa berakibat akan gancet (kampas rem akan melekat pada tromol atau disk brake) segera test dengan cara kita maju mundurkan mobil dengan sedikit pengereman sampai normal kembali, biasanya kondisi rem akan segera normal lagi bila tidak terlalu lama tergenangnya.

 

4. Kuras tangki Bahan bakar

Untuk menghindari tercampurnya bahan bakar dengan air maka sebaiknya anda kuras tangki bahan bakarnya karena air dalam tangki bahan bakar tidak akan menguap apalagi bila jumlahnya banyak, dan hal ini akan sangat mengganggu sekali serta bisa merusak komponen-komponen mobil lainnya terutama bila mobil anda sudah menggunakan injeksi.

Demikian beberapa tips untuk kita semua agar aman melintasi banjir, semoga berguna bagi kita semua.

 

tags: ,