BUNYI-BUNYI TAK LAZIM PADA MESIN KIJANG SUPER

Bunyi-Bunyi Tak Lazim pada Mesin Toyota Kijang Super

Seperti bunyi simbol iklannya dulu kalau Toyota kijang itu memang tak ada duanya, sampai detik ini generasi penerus kijang pun masih tetap eksis dan merupakan produk otomotif yang barang bekasnya paling laku di pangsa pasar otomotif Indonesia.

kijang superHal ini merupakan bukti akan kesuksesan Toyota Kijang yang bisa membius penggemarnya untuk tetap tidak berpaling darinya, karena semua orang sudah mengenal Toyota kijang sebagai mobil dengan mesin paling handal hingga dari awal generasi pertama Toyota kijang doyok sampai sekarang yang dinamakan kijang innova masih tetap banyak penggemarnya.

mesin kijang super
Namun ada juga beberapa kelemahan yang mungkin bisa terjadi pada mesin kijang yang kadang sering timbul beberapa bunyi yang awalnya tidak kita hiraukan namun akhirnya bisa membuat berbagai kerusakan yang ditimbulkannya.
Bunyi-bunyi yang perlu diwaspadai dan yang sering terdengar pada mesin kijang super antara lain adalah:

  • Bunyi tek-tek yang biasanya sering terdengar pagi hari atau pada awal kita start mobil. Bunyi ini timbul dari rantai keteng yang berfungsi sebagai timing belt, pada kijang super timing belt nya masih menggunakan rantai baja sehingga sangat kuat ini merupakan keistimewaan kijang super yang memungkinkan fungsi timing belt bisa dipakai selamanya karena biasanya setelah digas beberapa kali bunyi ini akan hilang sendiri seiring dengan tersebarnya oli mesin kebagian-bagian komponen mesin. Akan tetapi bila bunyi yang ditimbulkan sangat keras dan anda merasa kurang nyaman, rantai keteng ini bisa anda ganti dengan yang baru sehingga suara mesin kijang super anda akan halus kembali tanpa suara tek-tek lagi. Ganti juga gigi penghubung rantai ketengnya juga bila perlu.
  • Bunyi mendengung pada mesin, ini biasanya fan belt pemasangannya terlalu kencang. Cek dan setel apakah fan belt yang menghubungkan dynamo ampere dan lain-lain ketegangannya normal atau terlalu kencang. Bila terlalu lama didiamkan akan berakibat putusnya fan belt dan berakibat water pump tidak bekerja optimal sehingga bisa berakibat over heating. Akibat lain juga aki akan semakin tekor karena pengisiannya yang kurang optimal karena fan belt kendur. Bila fan belt terlalu kencang juga bisa mengakibatkan bunyi berdecit yang keras dan biasanya akan tercium bau seperti karet terbakar. Segera cek kembali untuk kenyamanan berkendara anda dengan mobil kijang super kesayangan anda.
  • Suara kasar (ser ser ser) saat mesin nyala dan bertambah keras saat pedal gas diinjak, biasanya terjadi pada bearing dinamo ampere yang sudah aus. Cara mengecek sumber suara ini anda bisa lepas dulu fan belt yang menghubungkan ke dinamo amper, kemudian nyalakan mesin dan dengarkan apakah suara itu hilang atau tidak. Bila hilang berarti memang sumber suara dari dinamo ampere, segera bongkar dang anti bearingnya dengan yang baru sebelum komponen lain pada dinamo ampere terbakar. Bila suara tidak hilang, cek lagi sumber suaranya, cek apakah AC dinyalakan atau tidak, bila AC nyala bisa juga suara ini berasal dari kompresor AC, segera cek kembali instalasi AC mobil anda.
  • Suara grek-grek dan bodi mobil terasa bergetar. Cek stasioner setingan karburator mesin kijang anda apakah setingan RPM sudah normal atau tidak, bila terlalu kecil bisa mengakibatkan bodi mobil kijang super anda terasa bergetar. Bila getaran masih terasa di bodi cek juga engine mounting atau karet pangkon mesin kijang anda apakah kondisinya sudah memprihatinkan atau masih normal, segera ganti demi kenyamanan berkendara anda bila kondisi karetnya sudah keras atau bahkan pecah.
  • Bunyi klek-klek dari dalam mesin dan suara terdengar jelas, ini biasanya suara valve atau kelep mesin kijang super anda , bisa anda seting kembali kerenggangannya agar suara mesin bisa halus kembali sampai suara klek-kleknya terdengar halus.
  • Bunyi ter-ter saat mesin hidup dan bertambah besar saat digas berarti ada yang kurang normal didalam mesin mobil kijang anda, bisa berasal dari metal duduk atau metal jalan. Segera ganti atau oversize kondisi metal untuk menghindari keadaan mesin yang semakin parah demi kenyamanan Toyota kijang super anda.

Demikian sedikit analisa bunyi pada mesin kijang super anda bila bunyi-bunyi yang sudah kami sebutkan diatas terjadi pada mesin kijang super anda atau juga pada mesin-mesin mobil lainnya dan sangat mengganggu kenyamanan anda. Semoga bisa bermanfaat.

tags: