TIPS IRIT SETING KARBURATOR COROLLA DX

Tips Irit Seting Karburator Corolla DX

Kali ini kami sengaja ingin membahas sedikit mengapa banyak pemakai Toyota Toyota Corolla DX yang merasa mobilnya boros bahan bakar. Ada beberapa pertanyaan yang sering diungkapkan pembaca bagaimana cara mengatasinya agar mobil kesayangannya yaitu Toyota Corolla DX tidak boros bensin.

Cara seting Karburator Corolla DX

Sebelumnya kami akan sedikit menjelaskan bahwa yang namanya boros bahan bakar itu pengaruhnya banyak sekali yaitu ada faktor eksternal dan internal yang sangat mempengaruhi boros tidaknya pemakaian bahan bakar.

Faktor eksternal ini banyak dipengaruhi oleh tehnik pada si pengendara dalam membawa kendaraan serta kondisi jalanan yang dilaluinya, misalnya :

  1. Situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet. Meskipun posisi
    mobil sedang berhenti namun putaran mesin tidak berhenti, nah ini yang menyebabkan banyak bahan bakar terbuang percuma saja.
  2. Kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut pengendara mobil akan menginjak pedal gas lebih ngotot dari pada saat melalui kondisi jalan yang landai atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak. Demikian pula bila melalui jalan yang bergelombang, atau cenderung rusak.
  3. Cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika mobil berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah mengalami perubahan.
  4. Suhu udara yang makin panas juga berpengaruh terhadap borosnya bahan bakar, semakin tinggi suhu udara maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi.
  5. Kondisi fisik mobil anda, misalnya, ban kempes atau kurang angin, penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.
  6. Penggunaan AC pada mobil anda, semakin anda menggunakan AC maka bensin akan semakin boros.

Disini kami akan jelaskan khusus beberapa tahapan saat kita akan membersihkan karburator mobil Toyota Corolla DX dan sebaiknya dikerjakan secara berurutan agar kita bisa mengantisipasi tahapan-tahapan yang sudah dikerjakan atau belum.

Tips seting karburator corolla dx

Karburator Corolla DX termasuk dalam jenis karburator double venturi seperti yaitu karburator dengan dua pipa aliran udara didalamnya seperti karburator pada mobil-mobil yang memiliki kapasitas mesin antara 1300-1600 cc lainnya yaitu Toyota Kijang, Mitsubishi Colt, dll. Mengabaikan masalah eksternal yang bisa membuat karburator Corolla DX anda boros, kita bisa optimumkan tingkat keiritannya dengan melakukan setting ulang kembali.

Pola mengemudi seperti pembalap tentunya membuat mesin haus akan BBM serta mengakibatkan komponen-komponen mesin, kampas kopling, dan bagian kaki-kaki akan cepat rusak (apalagi dengan kondisi jalan yang ada sekarang ini).

Sebenarnya membersihkan karburator Toyota Corolla DX tidak rumit dan anda dapat melakukannya sendiri. Yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan kesabaran. Semakin sering anda membersihkan karburator mobil Toyota Corolla DX anda, maka semakin pandai anda setting karburator. Karena pada dasarnya setting karburator membutuhkan perasaan (feeling) saat penyetelan spuyer spuyer.

Tahap-tahap Seting Karburator Corolla DX

Beberapa tahapan yang harus dikerjakan sebelum kita seting karburator Corolla DX adalah sbb :

A. Tahap pertama kita mulai dari saluran masuk utama yaitu filter udara. Lepas filter udara dan amati apakah dapat dibersihkan atau tidak.Jika memungkinkan dapat disemprot dengan angin kompresor. Semprot dengan tekanan angin sedang, hati hati jangan sampai robek. Cara menyemprot filter udara dari arah berlawanan sehingga debu keluar dengan mudah. Namun jika sudah sangat kotor dan berwarna hitam sebaiknya ganti yang baru. Penggantian filter udara sebaiknya setelah pemakaian 2 tahun atau setelah menempuh 40.000 km.

B. Kontrol juga filter bensin, karena mobil Toyota Corolla DX sudah berumur tua sehingga kemungkinan banyak kerak di tanki bensin. Bersihkan filter bensin dengan cara melepasnya. Kemudian tutup lobang masuk dan keluar dengan kedua jari tangan dan kocok kocok lalu keluarkan. Ulangi beberapa kali hingga bersih dan pasang kembali. Bila sudah sering mampat sebaiknya ganti baru saja karena harganya murah.

C. Bersihkan ruang karburator, pada saat anda mulai mengutak-atik bagian ini sebaiknya harus hati-hati karena banyak bagian yang mungkin nanti anda lupa memasangnya kembali. Untuk membersihkan karburator Toyota Corolla DX dengan hasil sempurna maka anda harus melepas seluruh karburator ini utuh, tujuannya untuk membersihkan kotoran yang selama ini mengendap di ruang penampungan. Jika anda baru pertama kali membuka karburator Toyota Corolla DX sebaiknya amati dengan teliti dan jika anda ingin melepas baut baut yang ada di dalam karburator disarankan untuk melepas secara perlahan dan jaga jangan sampai dol. Namun sebaiknya anda tidak melepas spuyer-spuyer yang ada dalam karburator Toyota Corolla DX anda kecuali sudah sangat terpaksa karena mampet. Tugas utama anda hanyalah membersihkan kerak yang mengendap di dalam karburator. Kita bisa menggunakan “karburator foam” yang bisa anda beli di toko untuk membersihkannya, semprotkan pada lubang-lubang yang ada dan biarkan beberapa menit, apabila busa yang keluar masih kotor anda harus mengulang penyemprotan “karburator foam”nya lagi sampai busanya benar-benar bersih, kemudian pasang kembali karburator pada tempatnya.

Bila anda tetap ingin mencoba seting spuyer-spuyer yang ada maka cara setingnya sbb:

    • Setel ulang besar spuyer main jet 1 dan main jet 2. Main jet 1 lurus ama skep venturi 1 yang terhubung ke seling pedal gas. Setel main jet 1 pada 90-105. Untuk irit alselerasi gesit pakai 95 saja.
    • Setel main jet 2 pada 140-160. yang suka top power bisa pergunakan 150 saja.
    • Setel tinggi bensin dalam ruang pelampung sesuai tanda.
    • Pastikan ruang pelampung dan semua saluran bersih dari kotoran.
    • Pastikan injektor akselerator bekerja normal dan tidak buntu.
    • Pastikan jarum pelampung/ventilator bersih dan bagus.
    • Rakit kembali karburator. Pastikan pompa injektor akselerator masuk dengan benar dengan cara memasukkan putar dan dorong pelan-pelan agar pompa injektor akselerator tidak rusak.

D. Pasang kembali karburator Toyota Corolla DX anda dengan hati hati dan cek kembali sebelum anda menuju setting karburator ( penyetelan spuyer ). Setelah semua beres kemudian hidupkan mobil Toyota Corolla DX anda. Setting spuyer angin sehingga mendapatkan putaran mesin langsam, biasanya menggunakan 1,5 putaran saja. Jika anda mempunyai Karbulator cleaner, maka semprotkan kearah masuk karburator dua hingga tiga kali semprotan, kemudian tutup dengan telapak tangan ( buka/ tutup ) sambil mainkan gas.

E. Terakhir adalah setting baut putaran mesin hingga mendapatkan putaran mesin stabil dan tidak mati. Diamkan hingga beberapa saat dan pastikan mesin tidak mati. Matikan mobil anda dan diamkan beberapa saat, kemudian hidupkan kembali. Jika dapat hidup dengan mudah, berarti setting karburator telah selesai.

Garis besar dari kerja karburator Corolla DX anda pada normal atau tidak intinya adalah bahwa setiap saat beroperasinya, karburator harus mampu mengatur besarnya aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar dengan jumlah yang tepat sesuai dengan aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar sehingga rasio bahan bakar dan udara tetap terjaga agar campuran aliran udara dan bahan bakar terjadi pembakaran yang sempurna.

Hal diatas bakal mudah dilakukan jika saja bensin dan udara adalah fluida ideal; tapi kenyataannya, dengan sifat alami mereka, yaitu adanya viskositas, gaya gesek fluida, inersia fluida, dan sebagainya karburator menjadi sangat kompleks dalam mengatasi keadaan tidak ideal ini. Juga karburator harus tetap mampu memproduksi campuran bensin/udara yang tepat dalam kondisi apapun, karena karburator harus beroperasi dalam temperatur, tekanan udara, putaran mesin, dan gaya sentrifugal yang sangat beragam.

Demikian sedikit tips cara seting karburator Toyota Corolla DX agar tidak boros bahan bakar namun tarikan tetap masih bisa dibuat lari kencang.

tags: ,