TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS BERMESIN DIESEL

Bagikan ke teman andaShare on Facebook0Share on Google+4Tweet about this on Twitter3Email this to someone

Tips Membeli Mobil Bekas Bermesin Diesel

Beberapa waktu lalu kami sudah sering menuliskan tips membeli mobil bekas secara umum serta tips cara mengecek mesin serta bagian-bagian mobil lain sebelum anda membeli mobil bekas pakai.

tips membeli mobil bekas bermesin diese

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips yang spesifik pada saat kita akan membeli mobil bekas bermesin diesel. Semua orang tentunya tahu bahwa mobil bermesin diesel bekas umumnya merupakan mobil bekas pekerja keras dengan perawatan yang minim, banyak orang yang menyebutnya mobil buat kebo-keboan atau buat badak-badakan. Kondisi inilah menyebabkan mobil diesel bekas yang ada dipasaran juga menjadi kurang perawatan, karena mobil diesel memang terkenal sangat bandel (tapi tidak semuanya kurang perawatan, terutama mobil-mobil diesel untuk pemakaian keluarga, seperti Isuzu Panther dan ToyotaPERSIAPAN RESTORASI UNTUK GANTI WARNA KIJANG LGX TAHUN 1999. Read more ... » Kijang Diesel atau DaihatsuDAIHATSU TAFT KEBO. Read more ... » Taft)
Kita kembali mengulas tips membeli mobil bekas bermesin diesel, ada beberapa tahap atau bagian yang harus kita teliti sebelumnya, antara lain:

  • Cek bagian mesin.

Pertama kali dalam membeli mobil bekas tentu kita akan membuka kap untuk mengecek bagian mesin, amati dengan teliti karena bila kita salah control dan ternyata mesinnya bermasalah, ini akan membuat biaya perawatan yang sangat tinggi karena mesin diesel ini sangat vital sekali. Cek apakah mesin masih kering atau ada bekas-bekas oli yang merembes, control bagian manifold knalpot apa ada yang basah atau kering, Cek pada selang-selang power steering juga bila ada yang bocor atau rembes.Cek juga baut-baut yang ada apakah kondisinya masih utuh atau ada yang lepas, kepala bautnya masih bagus atau sudah pada lecet-lecet yang menandakan mesin pernah atau sering dibongkar. Periksalah dengan teliti dan seksama demi sebuah hasil yang terbaik dari mobil diesel yang akan anda beli.

  • Kontrol olie mesin.

Caranya adalah dengan menarik dipstick olie, teliti apakah volume olie sewaktu anda cek pada garis normal, atau kurang. Cek juga viskositas atau kekentalan oli mesinnya, bila oli terlalu kental biasanya ini untuk mengelabui suara mesin yang kasar agar terdengar halus. Untuk oli yang normal tidak terlalu kental.

  • Cek bagian radiator

Jika Mesin masih dingin silahkan buka tutup radiator, bila radiator keruh berwarna coklat itu menandakan pemiliknya kurang merawat, tapi bila dibuka air radiator berwana hijau atau merah berarti unit pendinginan mesin terawatt, ini akan sangat mempengaruhi performa dan durabilitas nantinya pada saat pemakaian anda.

  • Nyalakan mesin.

Setelah semua dirasa bagus mulailah anda menghidupkan mesin, waspadai dengan bunyi bunyian aneh yang tidak wajar, coba gas dengan pelan, mesin yang bagus suaranya masih padat dan pada waktu gas dilepas setelah diinjak tidak ada bunyi-bunyian yang mencurigakan sewaktu mesin kembali ke posisi idle (stationer). Ketika mesin hidup dan setelah agak panas, cobalah buka tutup olie mesin, bila keluar asap tebal perlu kita waspada karena unit mesin sudah bocor kompresi, sehingga mesin sudah menandakan perlu overhaul alias turun mesinWAKTUNYA TURUN MESIN MOBIL TUA ANDA. Read more ... ».

  • Cek juga bagian transmisi, kolong, gardan dan kaki-kaki

Pengecekan selanjutnya apabila bagian mesin sudah oke semua adalah memeriksa bagian transmisi apakah terjadi kebocoran atau rembes oli transmisi, begitu juga bagian gardan apakah ada rembesan olinya juga atau masih kering. Cek bagian kolong untuk memastikan juga apakah ada chasis yang bermasalah seperti keropos dan lain-lain. Periksalah bagian bawah dengan teliti juga untuk melihat kondisi body bagian bawah dan lantai apakah banyak tambalan-tambalan atau masih utuh, cek juga bagian-bagian yang berkarat.  Kontrol kaki-kakinya seperti per dan shock breaker apakah masih normal atau tidak dengan cara menggoyang-goyangkan bodi mobil dari samping.

  • Cek bagian bodi mobil.

Bagian ini merupakan bagian pengontrolan yang gampang-gampang susah, pada beberapa orang yang sudah ahli diperlukan waktu yang cepat untuk mengontrol bagian bodi. Yang terpenting adalah bahan bodi masih utuh alias kaleng, syukur kalau anda masih mendapatkan mobil dengan cat yang masih original pasti akan sangat beruntung. Pada mobil diesel tentunya mungkin banyak dijumpai baret pada catnya, sepanjang itu tidak terlalu dalam masih bisa dihilangkan baret-baret bodinya dengan cara dikompon atau diamplas tipis ulang.

  • Cek Rangka dan Sambungan-sambungan

Perhatikan juga bagian rangka serta sambungan-sambungan pintu apakah masih simetris atau tidak, Cek juga bagian sela-sela pintu apakah terdapat kotoran yang mencurigakan seperti mobil bekas kena banjir atau sebagainya. Cek rangka depan pada kap mobil apakah masih utuh atau sudah bekas las-lasan, kalau bekas las kemungkinan mobil bekas tabrakan atau kecelakaan. Ketok-ketok dengan tangan secara perlahan pada seluruh bodinya apakah bunyi nyaring atau sudah bunyi “dug-dug” yang menandakan sudah banyak dempul pada bodinya.

Pastikan unit-unit engsel-engsel, kait-kait pintu masih bagus, coba buka tutup pintunya untuk memastikan pintunya terdengar menutup dengan mantap. Kontrol karet-karet pintu serta peredam pada mesin agar suara tidak berisik masuk kebagian kabin. Cek bagian-bagian dasbor seperti kisi-kisi AC, indikator spedometer semua harus berfungsi dengan baik. Periksa juga jok-jok apakah masih bagus busanya atau tidak, interior masih original atau tidak, dsb. Periksa juga plafond an doortrim apakah banyak kotoran atau lumpur yang terselip disela-sela karpet dsb yangbisa menandakan mobil bekas banjir.

  • Cek Setir dan Kemudi

Cek bagian kemudi dengan cara membelok-belokkan setir kekanan dan kekiri secara maksimal untuk mengetes kerja power steringnya normal atau bermasalah, waspada terhadap bunyi-bunyi yang mungkin timbul seperti “gletok-gletok” dan lain-lain.

  • Cek pedal-pedal gas, rem dan kopling empuk atau keras.

Cek juga tuas transmisi apakah masih bagus atau tidak dengan cara kita memasukkan gigi transmisi apakah bisa dengan mudah atau sukar. Bila ada sesuatu bisa anda konsultasikan dengan bengkel kepercayaan anda.

Cek kabel-kabelnya dengan cara kita melongok bagian bawah kolong, bila kabel-kabelnya masih tertata rapi berarti anda mendapat mobil yang utuh ( pemilik lama tidak suka memodifikasi elektronik yang berlebihan, kabel rapi dan asli menjamin mobil lebih sedikit mendapat masalah wiring dan konslet dikemudian hari.

  • Cek Aksesoris

Periksa juga aksesoris elektronik lainnya seperti power windowTIPS MENGATASI KACA SAMPING MOBIL YANG MACET. Read more ... », central lock maupun alarm bila ada. Naik turunkan kaca jendela mobil apakah normal atau ada sesuatu yang masih perlu diperbaiki, bila hanya kaca power window nya yang kurang lancer, anda bisa baca juga tips memperbaiki kaca mobi yang seret. Periksa juga apakah AC masih normal atau tidak, ini akan sangat berpengaruh pada harga yang akan anda tawar bila mau membelinya.

  • Bawa Bengkel Terpercaya

Kalau anda kurang yakin bawalah bengkel atau orang kepercayaan anda untuk ikut mengecek terutama pada bagian mesin diesel, karena bagian ini sulit bagi kita orang awam untuk mendeteksi bunyi-bunyi tak lazim yang ditimbulkan tidak seperti saat kita ngecek mesin mobil bensin karena suara mesin diesel yang memang sudah berisik.
Demikian tips sebelum membeli mobil bekas bermesin diesel semoga bermanfaat buat kita semua.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook0Share on Google+4Tweet about this on Twitter3Email this to someone

One thought on “TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS BERMESIN DIESEL”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>