RESTORASI MESIN DAN MODIFIKASI SETIR MERCY KENTANG

Restorasi Mesin dan Modifikasi Setir Mercy Kentang

Setelah menunggu penantian yang lumayan lama yaitu sekitar 6 bulan, akhirnya perkembangan restorasi Mercy Ponton atau orang Indonesia lebih familiar menyebutnya dengan Mercy Kentang mulai berhasil lebih dari 75 %.

Restorasi mesin mercy kentangHal ini disebabkan karena sulitnya mencari parts dari si Kentang ini, sehingga sebagian kami akali dengan modifikasi sendiri, misalnya saja spare part yang ada dalam bagian mesin memang sudah sangat langka bila kita hanya mencari part di Indonesia. Seluruh wilayah Jawa sudah kami cari dan memang sudah sangat jarang, malah si penjual partnya menyarankan kami untuk belanja ke Jerman sebagai pembuat asli mobil klasik Mercy Kentang ini. Haduh…biayanya bisa membengkak ya, tapi jangan kuatir, tak ada rotan akarpun jadi, sehingga akhirnya sudah bisa tertangani untuk restorasi mesin dari mercy kentang ini.

Restorasi Mesin Mercy Kentang

Karena lamanya mobil mercy kentang ini ‘ndongkrok’ alias tidak jalan yaitu sekitar 10 tahunan yang mungkin disebabkan karena sulitnya mencari parts pengganti mengakibatkan kendala tersendiri untuk memperbaikinya.

Pada awal Mercy Ponton ini datang dan mesinnya kami bongkar ternyata pemasangan pistonnya ada yang terbalik, ini juga yang bisa mengakibatkan blok mesin atau buringnya baret sehingga perlu pemolesan agar normal kembali. Silahkan baca juga tulisan kami di Restorasi Mercy Ponton 1962 pada bagian yang lain.
Dengan kesabaran dan ketelitian serta konsentrasi yang fokus akhirnya segala permasalahan untuk restorasi mesin mercy kentang ini sudah bisa kami atasi.

Modifikasi Setir Mercy Kentang

Setelah mesin sudah oke pada bagian lain kami juga harus modifikasi setir manual mercy kentang ini dengan power stering sehingga diharapkan beban setir manual yang berat akan bisa teratasi dengan modifikasi power stering. Pilihan untuk power stering kami jatuhkan pada power stering mobil Jepang merek Isuzu, hal ini kami pilih karena model worm setirnya hampir menyerupai walaupun harus melakukan banyak perubahan pada pemasangannya.

Modifikasi setir mercy kentangPerlu ketelitian tingkat tinggi pada saat pengerjaan power stering untuk mercy ponton atau mercy kentang ini karena posisi worm setirnya sangat mepet dengan posisi tongkat kopling yang masih menggunakan besi dan kopel, sehingga perlu beberapa percobaaan untuk meletakkan dudukan worm power steringnya sehingga pada saat mobil dipakai untuk jalan tidak bersinggungan antara tuas setir dengan kopel setirnya (perlu beberapa percobaan untuk belak-belok dulu) baru setelah pas kita potong batang setir bagian bawah sehingga menjadi kompatibel dengan worm power steringnya.

Untuk sementara perkembangan restorasi mercy kentang ini kami sudahi dulu, karena kami masih harus berkonsentrasi untuk pemasangan dudukan pompa power steringnya yang juga akan kami kombinasikan dengan pemasangan kompresor untuk AC pada posisi mesin mercy kentang ini.
Simak kelanjutan perkembangan restorasi mercy ponton atau mercy kentang ini pada posting kami selanjutnya. Silahkan berlangganan email atau klik like fan page di facebook saja untuk agar anda tidak ketinggalan informasi dari kami.

tags: ,