APA SEBAB PEDAL KOPLING TERASA BERAT

Apa Sebab Pedal Kopling Terasa Berat?

Beberapa pengguna mobil tua dengan transmisi manual sering merasakan pedal kopling terasa berat bila diinjak, padahal hal ini sangat berbahaya terutama bila anda berkendara jauh dan sering menghadapi macet.

kampas kopling terasa beratPedal kopling yang diinjak terasa berat juga bisa menyebabkan seorang sopir akan merasa cepat lelah, badan dan kaki terasa pegal sampai kesemutan sehingga akan sangat mengganggu konsentrasi kita dan tentunya kita akan merasa tidak nyaman.

Sebelumnya kami juga pernah menulis mengenai mengapa mobil anda kurang bertenaga yang antara lain disebabkan karena kerusakan pada kampas kopling, silahkan simak kembali tulisan kami mengenai ciri-ciri atau tanda-tanda kapan harus ganti kampas kopling yang sudah pernah kami bahas sebelumnya karena postingan kali ini yaitu tentang penyebab pedal kopling yang terasa berat bila diinjak masih berhubungan dengan kapan kampas kopling perlu diganti.

Penyebab utama mengapa pedal kopling terasa berat bila diinjak biasanya ada 2 faktor utama yaitu karena kebiasaan si pengemudi yang tidak bijak dan karena sudah cukup umur komponen itu (kampasnya) perlu ganti, sebagai contohnya :

  • Seringnya perilaku si pengemudi yang selalu meletakkan kaki diatas pedal kopling sewaktu mobil berjalan ( biasanya sopir angkot nih, jadi buat anda yang punya kebiasaan seperti ini sama saja dengan si sopir angkot)
  • Sering melakukan langkah model setengah kopling ( biasanya dilakukan saat mobil padat merayap dan jalanan menanjak, saya juga kadang melakukannya..he..he..he..)
  • Tidak menetralkan transmisi kedalam posisi netral pada saat berhenti dalam keadaan mesin masih hidup (seringnya di depan lampu bangjo <abang ijo> baca: depan lampu lalu lintas) sehingga kadang menginjak koplingnya tidak maksimal.
  • Kebiasaan tidak menggunakan gigi 1 pada saat mobil pertama jalan, sehingga kadang mobil akan terasa bergetar pada saat awal-awal jalan (kebiasaan ini akan mempercepat ausnya kampas kopling)
  • Kebiasaan menginjak dan melepaskan pedal kopling secara kasar, hal ini bisa menyebabkan pelat kopling yang menempel pada “fly wheel” akan cepat keras sehingga akan mengakibatkan beratnya pedal kopling bila diinjak.
  • Untuk faktor lain yaitu “matahari” atau cover clutch yang sudah aus gigi-giginya, release bearing sudah aus sehingga akan terasa berat juga bila diinjak.
  • Keringnya pelumasan pada komponen kopling seperti release bearing atau dudukan luncur release bearing dan per cover clutch.

Nah hal-hal tersebut diatas adalah penyebab mengapa pedal kopling terasa berat bila diinjak, sebaliknya hindari hal-hal tersebut diatas agar mobil anda terasa nyaman. Bila sudah terlanjur mengalami hal-hal seperti diatas segera ganti satu set kampas kopling beserta cover clutch nya dan mulailah berkendara dengan bijak agar komponen utama mobil anda awet.

 

tags: