TEST DRIVE MERCY PONTON

Test Drive Mercy Ponton

Setelah berjalan cukup alot sehingga memakan waktu sebulan dan telah kami lakukan berbagai uji akhirnya kami memutuskan untuk segera melakukan test drive mercy ponton tahun 1962 yang telah bersemayam cukup lama di bengkel kami ini.

Mercedes ponton

Test drive mercy ponton ini sebenarnya pernah kami lakukan sebelumnya sebelum kami modifikasi karburatornya dengan karburator mobil Jepang tetapi hasilnya kurang memuaskan maka dari itu tidak kami tayangkan videonya. Perubahan karburator dengan mobil Jepang yang lebih mudah perawatan dan penangannya sengaja kami lakukan agar nantinya si pemilik mercy ponton ini tidak kerepotan menanganinya karena dari hasil riset yang kami lakukan banyak sekali titik lemah karburator aslinya antara lain seringnya terjadi “kebanjiran” pada karbunya bila pada saat pertama kali start tidak pas dengan timingnya.

Hal yang lainnya juga adalah karena dibutuhkan suplay bahan bakar yang lebih terutama pada saat AC dihidupkan dan kondisi pada saat dilakukan injakan gas secara spontan, misal pada saat mobil sedang dalam keadaan lalu lintas yang macet dan tersendat sering kali asupan bahan bakar yang telat sehingga dikuatirkan mobil akan mati di jalan.  Nah atas dua hal inilah yang kemudian kami lakukan modifikasi dengan mengganti karburatornya dengan mobil yang mempunyai akselerasi lebih sehingga untuk kedua hal tersebut diatas bisa terhindari.

Test drive mercy ponton ini juga untuk mengecek semua komponen kaki-kakinya seperti shock breaker dan per-pernya apakah masih dalam keadaan normal atau tidak serta untuk mengecek apakah power stering yang sudah kami pasang berfungsi normal serta baik, karena perubahan power stering pada mercy ponton ini merupakan bagian yang penting. Pada beberapa bengkel banyak yang menggunakan atau mengganti power stering untuk mercy ponton dengan mobil-mobil Eropa lain yang sejenis tentu saja harganya cukup mahal dan perawatannya juga lebih susah, disini kami modifikasi juga power steringnya dengan mobil Jepang lagi agar lebih mudah perawatannya dan harganya bisa separuh dari harga power stering mobil Eropa. Meskipun pada instalasinya tergolong lebih ribet karena harus merubah dudukan worm serta dudukan pompa olinya agar lebih mudah bila bengkel lain melakukan perawatannya.

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah penggantian dinamo ampere atau alternator dengan model yang terbaru sehingga pengisian aki akan lebih optimal dan tidak ribet seperti pada aslinya yang masih menggunakan sistem cath out yang sering bermasalah karena arus yang masuk harus diatur secara manual sehingga akan terhindar pengisian yang over load yang bisa dilihat dari mendidihnya air aki pada saat mobil berjalan.

Nah setelah beberapa komponen tersebut kami instalasi akhirnya kami lakukan test drive seperti pada video yang bisa anda lihat pada tampilan diatas. Semoga pengalaman kami ini bisa berguna bagi anda yang ingin merestorasi mercy ponton atau mobil sejenis agar lebih nyaman dan tidak rewel.

tags: ,