CARA MEMBUAT LAMPU HAZARD MOBIL KLASIK

Cara Membuat Lampu Hazard Mobil Klasik

Kali ini kami sengaja ingin menulis cara membuat lampu hazard mobil klasik, karena beberapa mobil tua kadang kala lampu hazard bawaannya sudah rusak karena modul elektronik yang biasanya nempel pada setir sudah rusak atau konsleting, atau barangkali mobil tua Anda belum terpasang lampu hazardnya juga bisa buat sendiri secara sederhana tanpa merusak modul aslinya. Lampu hazard adalah tanda bahaya dengan menyalakan keempat lampu sein secara bersamaan.

Seperti kita ketahui kegunaan lampu hazard itu sangat penting sekali apalagi saat sekarang ini lagi musim hujan. Bagi kita yang sering pergi jauh lampu hazard sangat diperlukan bila sewaktu-waktu keadaan jalanan yang rusak dan lalu-lintas rame, atau bila saat menuruni atau menaiki jalan yang menanjak.

Pada beberapa mobil tua seperti yang saya punya yaitu hijet 1000 punya saya sepertinya tidak ada lampu hazardnya, seumpama mau saya ganti modul pada setirnya harganya lmayan mahal dan barangnya juga belum tentu masih ada. Akhirnya kami berinisiatif sendiri dengan mencoba membuat lampu hazard sendiri dengan biaya yang sangat murah yaitu kurang dari 50 ribu saja dengan perincian membeli beberapa komponen elektronika sebagai berikut:

  1. Beli flasher baru, harga sekitar 25 ribu
  2. Beli socket flasher (bisa pake socket untuk relay) beserta pin logamnya seharga 5 ribu.
  3. Dua buah dioda 5 Ampere 3 ribu
  4. Kabel 1,5 meter 7 ribu
  5. Isolasi, konektor kabel (beli di toko listrik) biar tidak usah menyolder sehingga lebih praktis 3 ribu.

Nah untuk perakitannya silahkan lihat gambar wiring diagram sederhana dibawah ini yang sudah kami gambar secara sederhana agar mudah dimengerti.

wiring diagram lampu hazard

Urut-urutan kerja cara membuat lampu hazard mobil klasik:

  1. Cari kabel positif (+) lampu sein kanan dan kiri, kalau kabel anda masih standar bisa cek langsung dengan membuka kabel pada bolam lampu sein nya, lihat warnanya kemudian cari warna yang sama pada socket kabel dibawah setir. Bila kabel anda sudah tidak standar anda bisa menggunakan tespen DC, caranya jepitkan kabel tespen pada ground kemudian cek socket kabel dibawah setir dengan ujung tespen, jangan lupa nyalakan kontak dan lampu seinnya. Bila lampu pada tespen ikutan berkedip berarti itu kabel sein sudah ketemu, kemudian cari sein satunya.
  2. Rakit komponen lampu hazard seperti pada gambar, sambungkan kabel output dari dioda ke masing-masing kabel seinnya. Fungsi dioda disini untuk membagi arus listrik secara searah ke bolam dan untuk mencegah arus balik, makanya masangnya jangan kebalik ya?
  3. Pasang switch pada tempat yang aman dan silahkan dicoba.

Cara mudah membuat lampu hazard mobil klasik ini sudah kami coba sendiri dan sudah berhasil. Untuk video test lampu hazard ini silahkan kunjungi link videonya disini. Bagi yang mau mencoba silahkan saja anda buat dan rakit sendiri ya, salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: ,