SOLUSI AKI TEKOR PADA HIJET 1000

Solusi Aki Tekor Pada Hijet 1000

Rasanya sudah lama kami tidak mengutak-atik hijet 1000 karena kesibukkan pekerjaan yang menyita waktu banyak. Pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit berbagi pengalaman kepada penggemar hijet 1000 yang kian hari semakin banyak dan tambah eksis karena sudah punya klub yang besar di Indonesia yaitu Hijet Owner Indonesia.

mengatasi aki tekor

Bagi pemilik hijet 1000 yang belum tahu dan punya waktu luang silahkan kunjungi klub hijet 1000 di kota Anda agar bisa bergabung segera, dijamin akan menemukan banyak hal positif disitu.

Banyak sekali penggemar hijet yang menanyakan solusi aki tekor pada hijet 1000 dan mereka kurang paham menanganinya karena banyak penggemar hijet yang ingin tampil beda juga dengan memasang berbagai aksesoris yang memakan setrum besar. Sebagai contoh pada modifikasi hijet 1000 kami sekarang ini yang memasang beberapa lampu tembak dan lampu kabut yang memerlukan setrum gede, tentu saja bila kita masih menggunakan standar bawaan hijet 1000 akan tekor akinya.

Audio hijet 1000

Audio hijet 1000

solusi ai tekor hijet 1000

Magic com di dalam mobil

Audio hijet 1000 pasang tv dobel

Audio hijet 1000 pasang tv dobel

Berikut rincian daya yang kami pakai pada modifikasi hijet 1000 kami dan sudah kami lakukan test dengan menyalakan semua aksesorisnya dengan mengukur antara arus masuk dan keluar pada aki mobil saya.

1. Head lamp dengan lampu halogen dengan daya 2 X 100/125 watt
2. Fog lamp kepunyaan avanza dengan daya 2 X 100 watt
3. Lampu kabut 4 dengan daya masing-masing 100 watt
4. Audio satu set dengan daya +- 100 watt
5. AC dengan ekstra fan dan blower kurang lebih 200 watt
6. Power regulator (pengubah arus DC pada aki mobil menjadi arus AC) 350 watt (akan kami bahas tersendiri cara membuatnya pada posting yang lain)
7. Aksesoris resmi bawaan mobil seperti lampu-lampu serta wiper sekitar 50 watt.

Dari rincian diatas apabila semua alat dinyalakan maka akan didapatkan daya sekitar 1000 watt lebih, untuk lebih simpelnya seumpama kita gunakan saja 600 watt sehingga memerlukan arus sebesar 50 Ampere. Ingat rumus kuat arus A=P/V sehingga ketemu 600/12=50A.  A=kuat arus satuan Ampere, P=daya satuan watt, V=voltase satuan volt.

Kalau kita menggunakan aki standar hijet 1000 yang hanya sekitar 35 sampai 40 Ampere tentunya nggak akan mampu walaupun pengisian pada alternatornya kita maksimalkan, malahan aki akan jebol alias soak.

Nah untuk solusi aki tekor pada hijet 1000 bisa kita atasi dari yang memerlukan biaya sedikit sampai biaya besar adalah sebagai berikut :

  1. Solusi dengan biaya minim atau sedikit yaitu janganlah Anda memasang aksesoris-aksesoris yang memerlukan arus besar, artinya pakailah standar bawaan hijet 1000 saja, pasti aman. Gunakan relay pada lampu besar atau headlamp, wiper, klakson, dll agar tidak perlu ganti kabel. Simak pemasangan relay dan cara kerjanya disini.
  2. Mengganti atau seting ulang kabel bodi serta kelistrikan hijet 1000 anda, memerlukan biaya sedang akan tetapi dengan mengganti kabel-kabel baru menjadikan arus yang bekerja akan maksimal sehingga bila Anda ingin memasang aksesoris tambahan bisa dilakukan yang penting jangan berlebihan, misal hanya memasang audio video yang full power masih kuat aki mobil Anda. Silakan baca kembali mengenai pentingnya restorasi kabel dan kelistrikan.
  3. Mengganti Aki mobil dengan daya yang lebih besar misal N50Z dengan daya 60 Ampere serta mengganti dinamo alternator dengan dinamo yang sudah menggunakan IC. Akan lebih mantap karena ini yang saya lakukan demi kenyamanan berkendara pada mobil hijet 1000 saya. Bila kita mengganti Aki dengan daya besar tetapi dinamo alternator masih pakai aslinya dikuatirkan pengisian akinya kurang dan repotnya kita harus seting cut out, bila seting kegedean pengisian akan berlebih efeknya air aki akan cepat mendidih dan umur aki akan lebih pendek. Pengin lebih mantap lagi bila kita ganti lampu-lampu model lama dengan bolam LED yang lagi ngetrend sekarang ini makan akan lebih irit penggunaan akinya, sebagai contoh lampu headlamp yang berdaya 100 watt bisa digantikan dengan LED yang hanya 25 watt saja, cuma harganya yang masih tergolong mahal saja.
Ganti bolam indikator dengan bolam LED motor

Ganti bolam indikator dengan bolam LED motor

Catatan : Kalau hijet 1000 yang kita punya memang tidak ada rencana untuk dijual bisa kita danai lebih agar lebih nyaman dan aman, akan tetapi bila hanya sebagai mobil buat belanja saja atau keperluan angkut-angkut saja yang terpenting adalah kelistrikan yang standar jadi perlu diseting ulang perkabelannya. Ingat jangan ceroboh yang bisa membahayakan diri Anda dan keluarga, sudah banyak contohnya mobil terbakar karena arus pendek pada kelistrikannya.

Tampilan speedometer hijet 1000 dengan lampu LED biru

Tampilan speedometer hijet 1000 dengan lampu LED biru

Biaya tambahan bila kita berencana akan membuat hijet 1000 kita anti tekor menurut saya tergolong murah yaitu :

  1. Beli aki baru berdaya 60 A sekitar 700 ribu.
  2. Ganti alternator (tukar tambah di tukang dinamo) 400 ribuan.
  3. Ganti bohlam LED untuk sign 4 biji (rubah dengan bohlam cumi) 50 ribu (belinya di toko aksesoris motor saja biar murah)
  4. Ganti bohlam LED untuk lampu mundur (reverse) 14 ribuan (beli di toko aksesoris motor)
  5. Pasang relay pada aksesoris bawaan mobil seperti klakson dan wiper sekitar 40 ribu.
  6. Beli kabel besar untuk jalur aksesoris langsung dari aki (bisa memakai kabel starter) panjang sekitar 2,5 meter 50 ribu. Aksesoris tambahan bisa kita sambungkan pada kabel ini sehingga tidak mengganggu kelistrikan aslinya, jangan lupa pasang sekring 50 Ampere.
  7. Beli terminal kabel (di toko listrik) sekitar 10 ribu bisa dipotong-potong sesuai kebutuhan, jadi kita tidak perlu mengisolasi atau menyolder pada sambungan kabel, hanya perlu mengendur atau mengencangkan bautnya saja kalau mau memasang kabel.
  8. Ganti lampu cumi pada speedometer bawaan resmi hijet denga LED (4 buah) lampu speedo 2, lampu high 1,indikator chg 1, warna bisa selera, kalau saya pake warna biru. Harga 28 ribu beli di toko aksesoris motor. Jangan lupa rubah jalur indikator lampu chg pada speedometer bila anda mengganti alternator dengan yang memakai IC, pada alternator aslinya lampu chg akan menyala terus selama mesin hidup. Bila menggunakan alternator ber IC lampu chg akan menyala bila kunci kontak on saja setelah mesin start lampu akan mati, jadi kita harus memotong jalur – dan + pada speedmeternya dan merubah dengan jumper untuk mendapatkan arus sebaliknya (foto kami sediakan, bisa diperbesar)
Modifikasi jalur indikator chg pada speedometer hijet 1000

Modifikasi jalur indikator chg pada speedometer hijet 1000

Demikianlah untuk solusi aki tekor pada hijet 1000 semoga hijet Anda semakin mantap dan keren.

tags: , ,