TIPS MEMBUAT INVENTER LISTRIK DI MOBIL

Tips Membuat Inventer Listrik di Mobil

Mungkin Anda pernah melihat interior mobil modifikasi yang membawa berbagai keperluan atau alat listrik rumah tangga di dalam mobilnya, seperti magic jar, dispenser air atau bahkan TV LED yang gede. Tips membuat inverter mobil

Atau pada bus-bus pariwisata yang berfasilitas Wifi biasanya menyediakan colokan arus listrik AC nya.

Tentunya keren banget tuh karena kita bisa buat teh panas atau kopi di mobil pada saat perjalanan ke luar kota dan pas di tengah hutan…he..he..he..(emangnya Tarzan ya? Kok perginya ke hutan)

Dimana alat-alat listrik itu dicolokkan ke mobil Anda? Padahal arus kelistrikan mobil kan pake aki yang berarus DC (direct Current) atau arus searah bukan AC (Alternating Current) atau arus bolak-balik. Jangan kuatir sekarang sudah ada yang jual alat pengubah arus DC ke Ac namanya itu Inverter.

Membuat inverter dari UPS

Jadi Anda tinggal colok saja alat ini pada lighter rokok dan jreng..jreng… Anda siap menggunakan peralatan rumah tangga Anda di mobil. Harga inventer ini sekitar 300 ribuan saja, murah banget kan? Cuma sayang, yang pabrikan ini kadang VA nya terlalu kecil, jadi buat magic com saja nggak kuat.

Memanfaatkan UPS Bekas Komputer Untuk Inventer di Mobil

Nah…sesuai judul kami diatas, kali ini saya ingin berbagi pengalaman untuk membuat Inverter sendiri dengan bahan UPS komputer bekas. Belum tahu apa itu UPS? Hahaha…itu lho sebuah alat pengganti listrik yang lagi heboh diributkan oleh Pemprov DKI dan DPRD nya. Pastinya Anda mengira harganya milyaran bukan? Karena beritanya kan demikian.
Tenang saja juragan, UPS atau Uninterruptible Power Supply yang saya maksud disini itu yang biasa dipakai sebagai baterai cadangan pada komputer-komputer desktop itu lho. Harganya pas beli baru sekitar 250 sampai 600 ribuan, tergantung Volt Amperenya. Saya tidak menyarankan Anda untuk beli baru, jadi silahkan beli saja UPS bekas di toko-toko komputer yang menerima service, biasanya kerusakan UPS ini ada pada baterainya yang segede aki motor. Nah disini kita manfaatkan komponen elektronikanya yang masih normal untuk dijadikan inverter di mobil kita.

Alat-alat dan komponen pembuatan Inverter dari UPS bekas adalah:

  1. UPS bekas itu sendiri.
  2. Kabel secukupnya, kalau perlu 2 warna untuk membedakan + dan -.
  3. Solder dan timahnya (kalau perlu)
  4. Colokan lighter rokok (kalau perlu)
  5. Isolasi
  6. Obeng dan pisau.
  7. Fuse box dan sekringnya (kalau perlu)

Cara membuatnya sebagai berikut :

  1. Contoh punya saya menggunakan UPS merek prolink dengan bahan material chasingnya plastik dengan ukuran 25cm X 40cm daya 450 VA.
  2. Bongkar chasingnya dengan melepas baut-baut murnya dengan obeng.
  3. Cek baterainya/aki keringnya, tandai kabel yang mengarah ke baterai, biasanya kabel merah untuk + dan hitam untuk – dan potong kabel-kabel tersebut.
  4. UPS punya saya ada tempat tersendiri untuk tempat baterai sehingga terlihat agak panjang casing box nya (40 cm) jadi saya potong saja sekitar 10 cm tempat baterainya itu, karena baterainya kan sudah tidak digunakan lagi.
  5. Perpanjang kabel yang mengarah pada baterai tadi (gunakan kabel yang warnanya sesuai) biar mudah mana yang + dan – nya (kalau perlu disolder kemudian diisolasi)
  6. Cek bagian pcb nya apakah sudah ada fuse/sekringnya, bila sudah ada makan tidak usah dipasangi sekring lagi, seperti punya saya ini. Kalau belum ada harus ditambah sekring demi keamanan.
  7. Tutup kembali casingnya biar rapi, kalau pengin terlihat lebih keren anda bisa ganti casing sesuai selera Anda.
  8. Sambungkan kabel yang sudah diperpanjang tadi pada masing-masing kutub aki sesuai dengan warnanya, saya pakai merah untuk + dan hitam untuk -. Kalau mau dicolokkan pada lighter rokok anda bisa beli colokannya di toko aksesoris.
  9. Jreng-jreng, inventer siap digunakan.

Inverter ini saya pakai pada hijet 1000 modifikasi dan untuk mengatasi aki yang tekor silahkan baca lagi memecahkan solusi aki tekor pada hijet 1000. Semoga tips membuat inverter di mobil ini bermanfaat untuk Anda, salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Silahkan cek juga videonya dibawah ini

tags: , ,