TIPS MENGURAS RADIATOR KOTOR

Tips Menguras Radiator Kotor

Pernahkah Anda menemukan mobil klasik antik yang nongkrong di garasi lama dan tiba-tiba Anda ingin memakainya?

tips menguras radiator
Sebelum memakai ada beberapa komponen yang perlu Anda cek seperti mengontrol volume oli mesin, cek setrum aki, serta yang tidak kalah pentingnya adalah cek air radiator.

Pada masalah terakhir yaitu pada saat cek air radiator biasanya air akan berwarna keruh sampai kecoklatan. Mengapa bisa demikian? Dengan melihat air radiator yang berwarna keruh dan kecoklatan itu menandakan adanya korosi pada komponen-komponen yang berasal dari logam-logam radiator itu sendiri atau juga bisa berasal dari korosi pada blok silinder head dimana air radiator mengalir melalui lubang-lubang khusus pada silinder head yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tidak over heat.

Disini kami akan khusus membahas tentang cara atau tips menguras radiator kotor secara praktis dan efisien sehingga stabilitas suhu mesin tetap terjaga.

  1. Hidupkan mesin, buka tutup radiator bawah agar air radiator keluar. Buka juga tutup atas radiator untuk dialirkan air bersih dengan selang secara langsung. Sehingga air akan mengalir dan membersihkan kotoran dan langsung membuangnya. Simak videonya dibawah untuk lebih jelasnya.
  2.  Tutup penutup bawah radiator air tetap dibiarkan mengalir sampai radiator penuh, anda bisa mainkan peadal gas agar putaran air dalam radiator bertambah cepat, kemudian buka kembali tutup bawah radiatornya.
  3. Lakukan berulang-ulang, biasanya 3 sampai 4 kali pengulangan untuk radiator yang sangat kotor air sudah kembali jernih. Apabila Anda tidak menggunakan air coolant pada saat jernih langsung tutup radiatornya dan mobil siap digunakan. Anda bisa mengulanginya setelah 2 minggu sampai radiator kembali bersih.
  4. Sebaiknya gunakan air khusus radiator pada saat air kurasan sudah terlihat jernih untuk mencegah korosi kembali apabila mobil jarang Anda gunakan.
  5. Jangan lupa bersihkan tutup radiator serta tanki tempat cadangan air radiator agar kotoran tidak masuk lagi ke dalam radiator.Tips menguras radiator
  6. Anda perlu hati-hati pada saat membuka atau menutup tutup bawah radiator karena kemungkinan letaknya dekan dengan manifold knalpot yang tentunya panas karena mesin dalam kondisi hidup.

Demikian tips menguras radiator kotor semoga bermanfaat. Cara ini sudah kami coba dan menjadikan radiator jarang tersumbat sehingga performa suhu mesin tetap stabil walaupun hanya menggunakan air sumur biasa saja.

Untuk Videonya silahkan cek di https://www.youtube.com/watch?v=AoBGN97mW1E

tags: ,