MENGAPA ADA BAU BENSIN DI MOBIL

Mengapa Ada Bau Bensin Di Mobil

Untuk pemilik mobil klasik dan antik mungkin pernah mengalami bau bensin di dalam mobil. Dan karena sudah berpengalaman dan merupakan mobil kesayangan hal-hal seperti ini langsung bisa kita tangani sendiri.

mengatasi bau bensin di mobil
Nah bagaimana untuk Anda yang berencana untuk memelihara mobil tua untuk koleksi ataupun untuk mobilitas harian dan mengalami hal yang sama seperti ini?

Berikut ini kami akan sedikit berbagi tips mengapa ada bau bensin di mobil.

  1. Bau bensin karena bekas tumpahan pada interior atau jok mobil. Ini biasanya disebabkan oleh mekanik yang ceroboh sehingga sering mengabaikan kebersihan dalam bekerja. Hal ini biasanya terjadi pada mobil-mobil model minibus dengan mesin di kolong dan interior mobil yang masih menggunakan bahan kain atau beludru. Solusi untuk mengatasinya harus membersihkan interior dengan sabun sampai bersih. Kalau perlu ganti interior dengan bahan kulit atau semi kulit sehingga segala tumpahan yang terjadi di dalam mobil bisa segera dibersihkan dengan mudah. Silahkan simak tips membersihkan interior yang lainnya disini.
  2. Bau bensin yang sangat menyengat dan kontinyu saat mesin hidup. Hal ini biasanya disebabkan Anda lupa menutup tangki atau tutupnya sudah kendor, juga biasanya terjadi kebocoran  pada selang bensin, pompa bensin atau pada filter bensin. Bila hal ini terjadi segera ganti selang dan filter dengan yang baru. Apabila hal ini secara tiba-tiba dan Anda mengalaminya dalam perjalanan sebaiknya pinggirkan mobil Anda ke tempat yang aman dan bebas dari sumber api disekitarnya. Segera matikan mesin dan cari bengkel terdekat apabila Anda belum paham. Akan tetapi untuk mendeteksi kebocorannya Anda bisa hidupkan kunci kontak dan amati dari selang bensin, rotak atau filternya apakah ada kebocoran atau tidak. Biasanya karena umur selang bensin yang sudah tua seiring dengan umur mobil Anda hal ini juga yang perlu diperhatikan untuk menghindari bau bensin yang menyengat yaitu segera ganti selang bensin Anda dengan yang kualitas baik. Ciri-ciri kapan selang bensin perlu ganti yaitu bila selang sudah kaku dan timbul pecah-pecah pada lapisan luarnya.mengatasi bau bensin di mobil
  3. Bau bensin pada saat pagi dan mobil susah distart. Hal ini bisa disebabkan karena karburator yang banjir karena setingan yang tidak pas sehingga campuran bahan bakar dan angin tidak homogen. Disini perlu keahlian khusus untuk menyeting karburator agar lebih tokcer dan tidak menimbulkan bau bensin di dalam kabin.
  4. Bau bensin bercampur dengan bau asap ini bisa terjadi seperti nomer 3. Setelah teratasi cek juga peredam pada mobil anda untuk menghindari bau-bau lainnya yang masuk ke dalam mobil.

Demikian pengalaman mengenai mengapa ada bau bensin di mobil serta sedikit tips mengatasinya. Untuk akibat bau bensin yang mungkin anda cuek atau teledor tidak segera mengatasinya bahaya bisa mengancam kita, maka sebaiknya cegah sebelum terjadi.

Hal ini bukan saja terjadi pada mobil-mobil tua dengan sistem karburasi, akan tetapi mobil-mobil yang umurnya termasuk masih baru juga bisa terjadi, mungkin saja Anda tidak mencium bau ini karena Anda mengendarai secara tertutup rapat dan menikmati sejuknya AC.

Karena peredam yang masih bagus kemungkinan bau-bauan ini tidak tercium oleh Anda. Maka dari itu sekali-kali perlu juga buka kaca apakah ada bau bensin yang tercium atau tidak. Untuk mengantisipasi hal diatas tidak perlu pakar, cukup kepekaan Anda yang akan menyelamatkan diri Anda sendiri. Waspadalah! Waspadalah!

 

tags: