CARA PASANG CENTRAL LOCK DI HONDA ACCORD TUA

Cara Pasang Central Lock Di Honda Accord Tua

Mengapa kami memilih judul cara pasang central lock di honda accord tua? Disamping ini mobil sendiri, honda accord keluaran tahun 1980 ini tergolong mobil yang klasik dan unik dibandingkan dengan teman-teman sedan seperjuangannya pada tahun 1980 an.

pasang central lock di honda accord tuaNanti Anda akan tahu keunikan dari door lock utama pada mobil tua ini setelah Anda simak penjelasan kami pada pemasangan central lock disini. Kami juga sudah upload videonya biar ada sedikit gambaran cara pasang central lock di honda accord tua ini atau di mobil-mobil sedan jadul Anda biar bisa menghemat duit karena harga 1 set central lock unit termasuk murah yaitu sekitar 150K sampai 200K rupiah saja.

Tapi mengapa biaya pasang di tempat variasi mobil kok mahal ya? Nah itulah sebabnya karena kalau Anda tidak memiliki ketrampilan sendiri dan memberikan mandat kepada orang lain maka tentu saja kita harus bayar biaya pasangnya. Disini kita bisa memperirit biaya pemasangan sendiri yang biasanya ongkosnya sama dengan harga jual aslinya. Maaf nih yang punya toko variasi mobil saya bantu untuk jual central locknya disini ya?

Beberapa waktu lalu kami sudah bahas secara umum mengenai tips memasang central lock dan alarm, silahkan baca kembali tulisan kami itu. Dan ternyata dari judul tulisan kami diatas menjadi trending topik di blog ini sehingga hampir tiap minggu menjadi top 3 di posting tebanyak pengunjungnya, nah akibatnya banyak teman-teman yang memberikan tanggapan beragam serta menimbulkan banyak pertanyaan yang antara lain kami diminta untuk membahas lebih dalam pemasangan central lock di mobil-mobil klasik lainnya.

Dan alhamdulillah kali ini kami ada waktu untuk mendokumentasikan pekerjaan cara pasang central lock di honda accord tua kami lengkap dengan videonya. Walaupun masih amatiran dalam membuat video (karena yang mendokumentasikan anak saya yang masih berumur 8 tahun) jadi maklum saja kalau videonya banyak obyek-obyek yang blur atau terlalu banyak gerakan.
Dan video kali ini kami bagi dalam 3 buah video karena bila dijadikan 1 video uploadnya lama banget (maklum koneksi internetnya pas-pasan he..he..he..) Tapi kami juga sudah menyisipkan beberapa teks dalam video kami sehingga mewakili penjelasan dari isi videonya, tapi kali ini kami akan sedikit terjemahkan video tersebut dalam bentuk coretan yang sekiranya bisa bermanfaat buat kita semua.

Langkah-langkah cara pasang central lock di honda accord tua adalah sebagai berikut:

  1. Buka masing-masing doortrim mobil honda accord Anda, bisa satu persatu atau keempat-empatnya dibuka dulu semua, tata cara membukanya ada pada video 1.
  2. Khusus untuk pintu kanan depan (pintu dekat setir) kalau door lock honda accord mobil Anda masih original biasanya tuas penguncinya tidak bisa diturunkan (dikunci) bila pintu dalam kondisi terbuka (ini uniknya), solusinya untuk bisa buka tutup kuncinya Anda harus menekan pengait bawah pintunya dengan obeng (ada fotonya dibawah) sehingga seakan-akan pintunya tertutup walaupun pintu sebenarnya terbuka. Untuk mengembalikan secara normal anda tinggal buka handel pintu saja (seperti membuka pintu seperti biasa)cara pasang central lock pada honda accord
  3. Memastikan bahwa tuas pengunci masing-masing pintu mobil dalam keadaan ringan gerakannya, kalau gerakannya seret kemungkinan aktuator tidak kuat untuk bisa membuka atau menutup secara otomatis. Solusinya harus diberi pelumas tapi jangan menggunakan oli, sebaiknya pakai “Chains Lubricans” atau cairan pembersih rantai motor. Beli saja di AlfaM*rt atau Ind*Mart dengan harga dibawah 25K rupiah untuk menghindari kotoran lebih cepat menempel pada door lock
  4. Memasang dudukan lock aktuator pada masing-masing pintu, untuk pintu depan diperlukan 2 lubang bor ukuran 3 mm untuk mengaitkan aktuatornya ke pintu. Untuk bagian pintu belakang bisa dibuatkan lubang dengan bor 1 saja, dan untuk mencegah aktuator bergeser anda bisa gunakan pelat pipih berlubang yang ada dalam paket bawaan central locknya. Belum tahu apa itu aktuator? Itu lho alat utama central lock yang bentuknya seperti pistol?? Silahkan baca lagi tips memasang central lock disini.
  5. Setelah semua aktuator terpasang sebaiknya cek dulu apakah aktuator sudah bisa bekerja normal atau tidak. Pada video itu kami gunakan aki motor untuk mengecek aktuatornya, caranya hanya dengan memberi arus 12 volt pada kabel biru dan hijau secara bolak balik untuk mengetes buka tutupnya.
  6. Instalasi kabel-kabelnya agar terpasang rapi, buka penutup plastik pada karpet, safety belt dll untuk memasang jalur kabel agar terpasang dengan rapi kemudian tutup kembali seperti semula.
  7. Pasang konektor modul central lock dengan kabelnya dan beri arus pada kabel merah (yang ada fuse/sekringnya) arus positif (+) serta kabel hitam arus negatif (-) dan central lock sudah bisa digunakan dengan cara menarik dan menekan tuas pengunci pintu kanan
  8. Bila Anda mau pasang remote atau alarm, kabel putih dan coklat pada modul central lock merupakan jalur untuk ke remote, biasanya jalur ini bekerja secara negatif negatif, artinya kabel putih kalau diberi masa akan membuka, kabel coklat bila diberi masa akan menutup. Bila tidak dipasang remote kabel ini bisa dipotong atau diisolasi, atau bisa juga diberi saklar tombol untuk membuka dan menguncinya

Video 1

Video 2

Video 3


Demikian sedikit penjelasan cara pasang central lock di honda accord tua dari kami, dan untuk mobil sedan tua lainnya saya kira hampir sama prosesnya seperti yang kami kerjakan ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami ini.

tags: ,