HONDA GRAND CIVIC TAHUN 1991 FULL RESTORASI

Honda Grand Civic Tahun 1991 Full Restorasi

Seperti biasanya kami akan selalu membuat posting mengenai mobil-mobil yang pernah kami restorasi dan untuk foto atau gambarnya kami kumpulkan untuk dijadikan sebuah video sebagai pembelajaran untuk kami pribadi yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk bisa merawat mobil tua Anda.restorasi honda grand civic
Kali ini kami akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai sedan Honda Grand civic tahun 1991 full restorasi dengan warna hitam ini. Kami mohon maaf karena mobilnya sudah terjual sehingga penampakan awalnya pada saat itu belum kami dokumentasikan sehingga disini hanya kami tampilkan hanya foto-foto yang sudah jadi saja. Akan tetapi jangan kuatir karena disini kami juga akan sedikit berbagi pengalaman mengenai kelemahan mobil sedan honda grand civic ini yang mungkin Anda rasakan sama juga sebagai pemilik dan penggemar grand civic yang tentunya mobil ini termasuk limited edition karena dikeluarkan cuma 3 tahun saja yaitu antara 1989 sampai 1991 sehingga bila Anda punya mobil seperti ini Anda termasuk orang yang beruntung.

Adapun beberapa kelemahan sedan honda grand civic ini sampai perlu di restorasi ulang karena ada beberapa alasan, yaitu :

    1. Keropos dan korosi pada sela-sela kaca depan terutama bagian atap. Bagian ini memang sangat rawan korosi mengingat adanya celah kecil antara kaca dengan framenya yang tertutup karet dan list kaca dari plastik. Karena sudah berumur maka seringkali plastik penutupnya mengeras dan air hujan atau bekas cucian mengendap disini (walaupun sedikit) lama-lama bisa korosi atau lapuk sehingga air hujan biasanya masuk ke dalam dan akibatnya biasanya interior (plafon) akan kotor dan berwarna kecolklatan.
      Solusi untuk mengatasi ini adalah, bila belum terjadi pada mobil Anda sebaiknya gunakan semprotan kompresor angin pada saat habis dicuci untuk menghilangkan sisa-sisa air yang tinggal disitu kemudian baru di lap sampai kering. Bila mobil habis kehujanan segera dibersihkan pada bagian ini juga.
      Bagi Anda yang sudah terlanjut kena keropos sebaiknya jangan di las karena disamping akan merepotkan (harus copot kaca) juga bisa berakibat besi atapnya nggak flat alias bergelombang akibat terkena panas. Solusinya tambal saja dengan metoda saya yaitu dengan lem dan bubuk kopi, silahkan lihat kembali videonya disini bagi yang belum pernah lihat. Atau bubuk kopinya bisa digantikan dengan bubuk besi sisa-sisa dari tukang bubut yang sudah lembut. Silahkan pilih saja sesuai keyakinan Anda, dan kami sudah pernah membuktikan keduanya.
    2. Keropos pada nomor rangka, untuk keropos yang satu ini merupakan ciri khas sedan grand civic karena terkena embun dari selang AC. Hampir semua honda grand civic biasanya nomer rangkanya rusak akibat keropos ini. Bagi Anda yang belum mengalami mungkin sebaiknya jalur selang Ac nya dirubah agar tidak terjadi pengembunan di dekat nomer rangkanya, silahkan berkunsultasi dengan bengkel AC mobil yang sudah berpengalaman saja untuk urusan ini.
      Bagi yang sudah terlanjur keropos Anda bisa membuat surat laporan ke kantor samsat asal mobil Anda untuk dibuatkan ulang nomer rangkanya, biasanya ada bengkel tertentu yang sudah MOU dengan Polda yang khusus membuatkan nomer rangka ulang disertai dengan kelengkapan data mobil Anda.
    3. Lantai keropos, untuk yang satu ini biasanya terjadi pada mobil-mobil yang dekat daerah pesisir, jadi lebih sering disebabkan faktor tempat. Bersyukur Anda yang tinggal jauh dari pesisir karena biasanya lantai mobil grand civic Anda tidak keropos. Untuk urusan ini kita bisa tambal atau ganti pelat saja sesuai dengan kerusakannya kemudian lapisi kembali dengan cat atau zat anti karat untuk memperpanjang usia pelat yang baru.
      Perlu penanganan khusus bila keroposnya berada pada tumpuan sayap-sayap roda atau stabil body karena bila pengelasannya sembarangan mobil Anda dijamin akan tidak presisi walaupun sudah di spooring dan balancing.
    4. Keropos pada bagasi belakang. Hal ini penjelasannya hampir sama dengan nomer satu yaitu adanya sisa-sisa air yang bersarang di sela-sela karet bagasi. Jangan lupa untuk semprotkan angin saat habis dicuci atau kena hujan ya?
    5. Untuk bagian mesin biasanya sudah keluar asap putih. Kemungkinan ring piston sudah lemah jadi perlu diganti dengan yang baru agar tarikan lebih oke lagi. Jangan lupa juga karet-karet atau seal kelep (valve) juga perlu dicek apakah sudah mengeras atau masih layak pakai karena biasanya kalau karet seal kelepnya sudah mengeras atau rusak akan timbul juga asap putih pada pembakarannya (cek lewat knalpot)

Untuk yang lainnya biasanya shockbreaker juga sudah kurang nyaman, sebaiknya ganti dengan part yang sesuai demi kenyamanan Anda.

Untuk interior karena bahan aslinya terbuat dari bahan kain sebaiknya dibuatkan sarung seperti pada video honda grand civic tahun 1991 full restorasi yang kami sajikan dibawah ini. Akan tetapi sebelumnya interior dan jok perlu di salon kan atau Anda cuci sendiri dengan bantuan detergen dan sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa atau noda-noda yang ada.

Untuk perawatan interior silahkan baca tulisan kami yang lain dengan judul cara merawat interior mobil klasik.

Demikian sedikit pengalaman kami sehingga kami melakukan restorasi total untuk sedan honda grand civic ini. Semoga bermanfaat!

tags: ,