MUDIK RIA DENGAN HONDA ACCORD TUA

Mudik Ria Dengan Honda Accord Tua

Seperti pada lebaran-lebaran yang lalu kami selalu share pengalaman mudik kami dengan mobil tua, pada lebaran tahun 2015 ini kami juga akan share pengalaman mudik sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri kita pada apa yang sudah kita rawat dan jaga tentunya ‘si dia’ juga akan memberikan yang terbaik untuk kita.
Kali ini kami share pengalaman mudik ria dengan honda accord tua yang tentunya lebih seru dari pengalaman Anda yang menggunakan mobil baru karena memang kami hanya punya mobil honda accord tua ini satu-satunya.

mudik lebaran dengan mobil tuaPenting untuk diperhatikan bila kita hendak bermudik ria dengan mobil tua, tetapi hal ini tentu saja tidak membuat kita ribet karena kita sudah terbiasa dengan perawatannya. Jadi persiapan rasanya sih biasa-biasa saja karena honda accord tua ini sudah terbiasa kita pakai pada hari-hari biasa.

mudik lebaran dengan mobil tua mudik lebaran dengan mobil tua mudik lebaran dengan mobil tua
Persiapan awal yang perlu kita ketahui bersama bila hendak bermudik ria dengan honda accord tua ini mungkin sama dengan pengguna lainnya, hanya kita harus mengetahui beberapa kelemahan dari sedan tua ini, seperti :

  1. Kelemahan sedan tua honda accord tahun 1980 ini biasanya pada karburatornya yang cenderung irit tetapi lebih sering banjir, sehingga sering bermasalah pada saat start, berbagai cara sudah dicoba untuk bisa mempertahankan keaslian karburatornya tetapi karena masalah ini yang sering menggoda akhirnya kami ganti saja dengan karburator ‘kepunyaan toyota kijang’ yang tentunya lebih ‘murah’ dan mudah perawatannya. Dan sudah kami test drive kesana kemari mencari alamat…hehehe (alamat palsu kali ya) sehingga kita bisa bernyali memakainya. Nggak sombong nih dengan karbu ini dibeberapa tanjakan curam seperti di kec. Karangreja Kab. Purbalingga serta di lereng waduk Sempor Kab. Kebumen beberapa mobil sempat keok seperti Is*** P***r yang katanya raja diesel dan beberapa mobil lain seperti terengah-engah menanjak. Mungkin sopirnya juga yang kurang lihai membawa mobilnya atau jarang lewat jalur itu atau gimana lah yang penting kami salip saja dan tinggalkan jauh dibelakang.
  2. Bearing roda yang sering bunyi kletek-kletek bila belok. Ini sering terjadi pada mobil-mobil lain juga yang berpenggerak roda depan (hampir semua jenis sedan) Hal ini karena kita sering lupa mengontrol pelumas pada kolaher penggeraknya. Biasanya penutup karetnya rusak atau bocor sehingga gumuk atau pelumasnya pada keluar, nah hal ini yang menyebabkan kering pada kolahernya karena air masuk kedalam sehingga bearing menjadi bunyi dan akhirnya bisa aus. Saran kami sering cek saja, misal sebulan sekali apakah pengaman pelumas bearing penggerak roda depan ini sudah perlu ganti apa tidak. Cara mengecek kita tinggal melongok saja dikit ke kolong mobil bagian depan dengan membelokkan ban mobil Anda. Segera ganti bila karet pelindung yang modelnya seperti per ini rusak untuk mencegah kerusakan bearing yang lebih parah.
  3. Radiator yang mungkin sudah lama tidak Anda perhatikan coba bongkar dan korokin ke tukang radiator karena pada saat mudik dan melalui jalan menanjak radiator akan bekerja secara baik pendinginannya bila sirkulasi airnya berjalan dengan baik. Khusus untuk radiator sudah kami bahas sendiri mengenai cara mengurasnya, silahkan dibaca lagi cara menguras radiator serta penggunaan radiator coolant untuk menghindari overheat pada mobil Anda. Jangan lupa otomatis elektrik fan nya juga masih normal atau tidak, bila switchnya rusak segera ganti atau bila susah mencari switchnya untuk kondisi darurat atau selamanya elektrik fan bisa Anda bypass langsung dengan setrum kontak dengan penambahan relay seperti yang kami lakukan pada honda accord tahun 1980 ini
  4. Lampu depan atau head lamp perlu juga dicek apakah menyalanya masih terang atau sudah buram karena penggunakan head lamp aslinya yang model sealed beam sekarang memang sulit mencari gantinya, kalau ada biasanya cuma merek-merek biasa yang umur pemakaiannya pendek (pengalaman kami dengan sealed beam biasa cuma beberapa hari saja sudah putus). Saran kami ganti saja dengan yang model biasa dengan bohlam dan reflektor yang terpisah sehingga bila putus kita tinggal ganti bohlamnya saja. Untuk bohlam pakai saja halogen 65 watt dan pengalaman kami lampu akan nyala terang. Untuk deam kami scotlite saja dengan warna kuning karena dalam perjalanan kami (Pemalang-Purworejo) sering menjumpai jalan berkabut bila sore atau pagi hari.
  5. Kopling perlu juga dicek setingnya, terutama pada bagian master bawah yang nempel pada blok transmisi, honda accord tua ini biarpun tahun lama tetap mengedepankan kenyamanan berkendara terutama dengan bawaan pabrikannya yang menggunakan kopling hidrolis. Pengalaman pada master ini sering lepas bila setingan terlalu tinggi, maka dari itu perlu dicek ulang agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara Anda

Demikian sekelumit beberapa kelemahan honda accord tahun 1980 atau mungkin beberapa mobil tua lainnya yang perlu diwaspadai bila akan digunakan untuk bermudik ria sehingga perjalanan mudik Anda lebih leluasa.mudik lebaran dengan mobil tua mudik lebaran dengan mobil tua mudik lebaran dengan mobil tua
Senangnya bermudik ria dengan honda accord tua dalam perjalanan kemarin hanya mobil kami saja yang lewat..ha..ha..ha..pada takut semua kayaknya ya.. Dan di jalan kami berpapasan dengan corola veteran juga vw kombi yang tentunya mereka juga pengin eksis dengan mobil tuanya bahwa meskipun tua mereka tetap juara. Salam kepada sesama penggemar mobil tua se Indonesia dari kami.

tags: , , ,