TIPS MEMPERBAIKI DAN MENGGANTI KARBURATOR

Tips memperbaiki Dan Mengganti Karburator

Sebelum kepermasalahan tips memperbaiki dan mengganti karburator perlu kami jelaskan dulu bahwa pengecekan dan perawatan karburator sebenarnya harus dilakukan secara berkala agar bisa mendeteksi kerusakannya sejak dini dan perbaikannya tepat sasaran.

tips memperbaiki dan mengganti karburatorTetapi terkadang kita sering melupakannya, yang sering kita lakukan adalah kita servis pada saat mobil menunjukkan gejala tidak normal. Menurut saya hal ini juga wajar karena saya juga begitu kok…he..he..he… Biasanya hal-hal yang menyebabkan karburator mengalami masalah itu saat mobil susah dihidupkan dan pada saat jalan tenaga loyo sedangkan bensin sangat boros apalagi tercium aroma yang sangat menyengat pada knalpot yang bisa membuat mata pedih. Sebelum ke masalah karburator kita perlu cek dan analisa mengapa mobil susah hidup, silahkan baca lagi artikelnya disini.

Apabila tercium bau yang menyengat kemungkinan setelan angin dan bahan bakar kurang pas silahkan setel baut/putaran stationer, putar sekrup angin searah jarum jam (menutup) hingga putaran menurun, lalu putar kebalikan hingga stationer tertinggi dan paling rata dicapai.
Untuk tenaga yang loyobiasanya spuyer bahan bakar terlalu kecil atau terlalu besar setelannya bisa juga adanya selang vakum yang bocor atau terlepas hal ini biasanya ada pada jenis-jenis karburator dengan skep dobel seperti karburator toyota kijang pada saat pedal gas kita injak putaran mesin akan low respon karena vakum penggerak skep kedua bermasalah.

Berikut ada dua alternatif tips memperbaiki dan mengganti karburator :

1. Penggantian repair kit

Untuk masalah-masalah karburator seperti diatas bisa kita atasi dengan penggantian karburator repair kit yang masih bisa kita beli di toko spare part mobil tua, tinggal copot, ganti dan pasang kembali semuanya pasti beres. Nah bagaimana bila karburator kita lubang-lubang spuyernya sudah tidak standar lagi? Banyak bengkel yang mengakalinya dengan menambahkan selotip atau benang agar spuyer standar bisa digunakan kembali. Tapi hal ini dilakukan untuk sementara saja contohnya bila kita mengalami masalah ditengah perjalanan.

2. Penggantian dengan karburator

Penggantian karburator juga sangat diperlukan terutama bila penggantian dengan repair kit sudah tidak bisa lagi seperti contoh diatas karena lubang-lubang spuyer sudah overhaul alias dol semua. Biasanya kita sudah bosan bolak-balik ke bengkel spesialis karburator (pengalaman pribadi nih) kadang setingan mereka malah tambah boros (maklum karena sebenarnya karburator mobil kita harus ganti dan kita paksakan diservis) akhirnya untuk tetap bisa idle setingan stasionernya dibuat besar. Bagaimana dengan pengalaman Anda sesama penggemar mobil tua?

Nah kalau sudah merasa jengkel seperti ini alangkah baiknya kita carikan karburator baru atau second tapi ori saja yang masih bagus karena masih banyak kok dipasaran, yang penting minta jaminan sama sipenjual kalau barangnya masih bagus. Bagaimana kalau jenis karburator mobil Anda sudah sulit ditemui dipasaran? Ganti saja dengan karburator yang masih banyak di pasaran! Ini menjawab juga pertanyaan-pertanyaan pembaca blog ini yang sering mengalami kesulitan mencari karburator untuk mobil tuanya.
Sebagai contoh :

  1. Karburator suzuki forsa ganti saja dengan karburator suzuki carry atau suzuki katana
  2. Karburator daihatsu charade ganti saja dengan daihatsu hijet atau zebra 1000
  3. Karburator mercy tua (contoh yang pernah kami kerjakan mercy ponton) ganti dengan karburator toyota kijang
  4. Fiat ganti dengan kijang
  5. Honda Accord tua ganti dengan kijang, dst.

Intinya untuk mobil 1000 an cc bisa pake suzuki carry, diatas 1000 cc bisa pake punya toyota kijang dijamin lebih gampang instalasinya.
Pokoknya cari saja karburator yang masih banyak dipasaran dan banyak spare partnya serta harganya murah meriah.

Kita tinggal membuatkan bearkit atau dudukan karburator tersebut agar bisa terpasang pada manifold intake mobil kita, rubah sedikit box tempat filter udara agar bisa terpasang lagi dan sesuaikan tingginya dengan kap mesin biar kap bisa tertutup dengan baik pasti beres deh.

tags: ,