MEMBERSIHKAN SARINGAN UDARA MEMBUAT TARIKAN SEMAKIN ENTENG

Tips Merawat Saringan Udara Mobil Tua

Banyak pemilik mobil tua yang sering melupakan perawatan saringan udara (air filter) pada mobilnya. Mereka hanya mengenal tune up dan seting karburator saja bila ada masalah dalam tarikan maupun dalam keadaan stasioner pada saat mobil dihidupkan.

saringan udara
Dari pengalaman kami pembersihan dan atau penggantian saringan udara ternyata bisa berpengaruh terhadap tarikan mesin yang semakin enteng. Anda mungkin pernah merasakan bahan bakar mobil Anda terlalu boros, coba cek filter udaranya dan bersihkan, pasang kembali dan seting air flownya pada karburator untuk stasioner normal. Rasakan tarikan mesin sebelum dan sesudah penggantian filternya.

Saringan udara memegang peranan yang sangat penting dalam jangka panjang akan keawetan mesin mobil Anda yang mempunyai fungsi utama yaitu untuk mencegah debu dan kotoran ikut terbawa masuk ke ruang bakar yang pada akhirnya lama kelamaan akan dapat membuat ruang kompresi tergores sehingga mengakibatkan kompresi mesin akan berkurang dan inilah yang sering kita sebut tenaga mesin ‘ngempos’ dan biasanya timbul asap pada mobil berbahan bakar premium.

Saringan udara akan mencegah masuknya debu dan kotoran ke dalam ruang bakar dan bila lama dibiarkan maka pori-pori pada filter ini akan tertutup oleh kotoran, bila kita tidak membersihkannya juga akan mengganggu aliran udara yang dibutuhkan pada saat terjadi pembakaran di ruang kompresi, ini juga bisa membuat tenaga mesin terasa berat dan biasanya bahan bakar cenderung boros. Fungsi penting lainnya dari saringan udara adalah untuk mengurangi suara bising pada saluran hisap saat mobil dinyalakan dan gas dimainkan.

Maka dari itu pembersihan atau penggantian saringan udara perlu juga dilakukan secara rutin, untuk standar perawatan biasanya kami ganti filter udara bila sudah 50.000 km pada pemakaian normal bila bahannya terbuat dari busa. Pada mobil-mobil keluaran terbaru mungkin bahan lebih tipis karena terbuat semacam kertas maka kami menyarankan penggantian setiap 5 kali ganti oli mesin. Ini tergantung dari peakaian rutin mobil Anda dan sebaiknya konsultasikan dengan bengkel kepercayaan Anda.
Pada perawatan saringan udara biasanya kita hanya menyemprotkan angin kompresor dari arah berlawanan (dari dalam keluar) dengan tekanan angin rendah guna mencegah sobeknya saringan ini, untuk bahan busa bisa kita cuci dengan bensin untuk melarutkan kotoran didalamnya. Yang perlu diperhatikan adalah harus selalu cek apakah ada sobek atau bahan sudah agak rapuh, segera ganti sebelum terlambat agar performa mesin tetap bagus.

Demikian sedikit tips cara membersihkan saringan udara mobil tua anda agar tarikan semakin enteng.

tags: ,