CITROEN GS 1984 SEDAN WAGON MEWAH PADA JAMANNYA

Citroen GS 1984 Sedan Wagon Mewah Pada Jamannya

Sudah lama sekali kami tidak mengulas mobil klasik antik yang pernah kami punyai dan tinggal kenangan saja, karena pada masa itu kami belum mempunyai skill untuk merawat mobil klasik.

citroen gs 1984Kali ini kami akan sedikit mengulas citroen GS sedan wagon yang menurut kami mewah dan harganya murah pada jamannya dulu sekitar tahun 1998 nan saat kami beli second.
Mengapa kami tertarik dengan citroen gs? Karena model ini paling banyak kita temui di Indonesia. Kurang tau juga sebelumnya ada model citroen yang lebih terkenal yang penting kami ingin sedikit cerita pengalaman merawat mobil ini.

citroen gs klasik interior citroen gs

SEJARAH CITROEN

Sejarah citroen seperti yang sudah banyak dibahas di wikipedia yaitu perusahaan ini didirikan tahun 1919 oleh ANDRE CITROËN di Prancis, penjualan mobilnya dimulai tahun itu juga. Andre menerapkan teknik produksi masal pertama di industri otomotif eropa, dan juga yang merintis jaringan agen pelayanan. Jika model-model awalnya mirip dengan umumnya dalam hal teknologi dan style, semuanya berubah dengan diluncurkannya “Traction Avant” (TA) 1934 yang menembus pola hingga 50 tahun lebih awal dari masanya bagi otomotif modern! Tidak ada chassis batang (sudah monocoque), front wheel drive, karoseri aerodinamis , handling dan cengkraman jalan sempurna, perhatian penuh pada keselamatan, dll.

Sayang, Andre meninggal tak lama setelah TA diluncurkan. Pra peluncuranTA, CITROËN telah menguasai seni publikasi dengan kampanye iklan yang belum pernah dilakukan sebelumnya – Menara Eiffel dihiasi ribuan lampu yang membentuk nama, logo dan prestasi-prestasi yang diraih seperti safari antar benua dan rekor ketahanan, dll.

Peluncuran 2 CV pada 1949 menimbulkan kritik – mobil ini begitu berbeda dibandingkan mobil lain sejenis hingga diramalkan gagal. Lamban dan tidak menarik, 2CV menawarkan hal yang berlawanan dengan industri pesaing – Nyatanya 2CV diproduksi hingga 5 dekade dan menciptakan antusias yang membawa fanatisme.

Tonggak peristiwa tunggal yang dianggap paling penting dalam sejarah otomotif (setelah penciptaan roda) terjadi pada 1955 – Diluncurkannya DS 19. CITROËN terus melanjutkan tradisi membuat kendaraan yang inovatif hingga saat ini.

CITROEN di INDONESIA

Mobil ini diakui oleh banyak pemakai kendaraan yang telah pernah mencoba tentang kenyamanannya. Hal yang membedakannya dengan mobil lain adalah suspensinya yang menganut simtem hydropneumatic (pendeknya hirdolik) pada type GS, CX dan BX. Walaupun akhirnya karena kelebihannya inilah mobil ini dianggap sebagai mobil murah namun mahal dan rewel dalam pemeliharaannya hingga hanya segelintir orang yang mau menikmati.
Citroen di Indonesia sudah ada sejak tahun ’30-an dimana pernah ada Citroen TA masuk dan sekarang masih ada di Yogyakarta , selanjutnya seri DS tahun ’50-an dan ’60-an. Citroen mulai resmi ada di Indonesia pada tahun 197? dimana seri Dyanne (kelanjutan versi 2CV) dipakai sebagai kendaraan proyek pembangunan waduk Jatiluhur Jawa Barat kemudian ATPM dipegang oleh PT. Alun. Mulai itulah seri GS beredar di Indonesia sejak 1974-1990, seri FAF (pengembangan seri 2CV) 1983, seri CX 1978-1983, dan terakhir seri BX 1986-1994.

Sumber : Citroen Indonesia http://citroenindonesia.net

Keistimewaan Citroen GS
Kembali ke citroen GS tahun 1984 dengan segala keistimewaan dan keklasikannya dimulai dari modelnya yang aerodinamis, setir dengan model khusus, mesin irit berkapasitas 1300 cc, dan yang paling istimewa adalah suspensi udaranya, kita tidak usah bawa dongkrak untuk mengganti bannya bila bocor di jalan.

Tinggal naikkan suspensi udara dan ganjel saja pada pada lengan ayun roda yang bocor, turunkan suspensi copot bannya dan ganti dengan ban serepnya. Keistimewaan citroen gs ini juga bisa berjalan dengan 3 ban. Jadi mobil ini sangat seimbang bila ban belakang bocor satu tinggal naikkan suspensi 3 ban lainnya agar ban yg bocor tidak menapak aspal. Dan lanjutkan perjalanan sampai ketemu tukang tambal ban.citroen gs 1984 sedan wagon

Kekurangan Citroen gs
Spare part yang sulit untuk kota kecil seperti kota kami. Saat itu sekitar tahun 2000 kami mendapatkannya dari klub citroen di Jogja. Ban serep yang letaknya nyampur dengan ruang mesin menambah sumpek suasananya.

Saran kami apabila anda mempunyai mobil ini silahkan gabung dengan klubnya di Indonesia. Kunjungi saja http://citroenindonesia.net

tags: