OPREK MESIN KOMBI DEMI PERFORMA YANG OKE

Oprek Mesin Kombi Demi Performa Yang Oke

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan untuk Anda yang menjalankannya. Rasanya sudah lama sekali kami tidak melakukan update untuk blog ini karena banyaknya pekerjaan off line kami yang memang menyita perhatian khusus sehingga blog ini menjadi sedikit tidak terurus. oprek-mesin-combi-4Kami harapkan semoga kita semua tetap semangat untuk terus belajar oprek mengoprek di bidang otomotif dengan lebih banyak belajar dari yang berpengalaman. Dalam bidang tehnik seperti ini pengalaman adalah guru yang sangat penting dibandingkan dengan teori kita yang mungkin sudah kita dapatkan selama sekolah.

Oke deh kami lanjutkan kembali mengenai oprek mesin kombi demi performa yang oke. Mungkin kita semua sering melihat konvoi mobil-mobil VW di jalan atau mereka lagi jalan sendiri di jalanan dengan laju kendaraan yang stabil dan kenceng tidak kalah dengan mobil baru keluaran sekarang. Untuk sekelas VW itu masih mungkin karena kebanyakan dari mereka sudah melakukan modifikasi atau oprek mesinnya sehingga performanya diatas rata-rata.

Seperti yang sedang kami kerjakan saat ini (mungkin sebentar lagi akan kami lakukan test drive) yaitu kami sedang melakukan sedikit oprek mesin kombi demi performa yang oke. Untuk kondisi standar bagi sebagian pemilik kombi mungkin menganggap bahwa kemampuan lajunya loyo, maklum saja mobil segede ini dengan standar mesin 1.600cc dan umur yang tua menjadi kendala sendiri bila kita malas merawatya. Bayangkan dengan umur 40 tahun dipastikan akan berdampak banyak bagian-bagian mesin yang mungkin sudah minta di”muda”kan kembali.

Nah disini kesempatan kita untuk merubah performa akan kemampuan kombi kita agar tetap prima meskipun menjalankan puasa (mobil tetap prima meskipun drivernya puasa…he..he..he). Jadi Anda perlu mempersiapkan dana yang mungkin tergolong tidak murah (punya mobil tua pasti sudah siap resiko) demi kepuasan batin kita yang suka dengan mobil klasik.

oprek mesin vw combiPersiapan apa saja yang harus kita lakukan agar performa kombi kita tetap oke:

  1. Perbesar kapasitas mesin
    Perbesar kapasitas mesin bukan berarti ganti mesin yang besar lho. Untuk mobil-mobil Eropa seperti vw kombi kita hanya membeli piston 1 set saja untuk memperbesar kapasitasnya dengan mengganti piston lama menjadi misalnya 1.800 cc atau 2.000 cc. Jangan lupa dengan mengganti packing set nya juga. Anggap saja ini oversize.
  2. Ganti bagian-bagian lain yang mungkin sudah aus, misal pelat kopling. Ini sangat penting demi kenyamanan berkendara Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  3. Rubah sistem pengapian.
    Demi kenyamanan dan performa mesin kombi yang oke sebaiknya ganti sistem pengapian platinanya dengan CDI, untuk vw kombi dan kodok sudah ada CDI yang sudah pabrikan dengan harga antara 500 sampai 1 jt an saja. Jadi anda tidak repot merubah pengapian platina ke cdi lagi, tinggal beli dan pasang saja. Ini juga untuk menghindari bocornya percikan api dalam delco yang sering terjadi bila masih menggunakan sistem pengapian platina.
  4. Demi kenyamanan berkendara (terutama untuk pemula penggemar vw kombi) sebaiknya ganti tuas transmisi dengan model yang ada tarikan atau tombol sendiri untuk gigi mundur, karena sering kami menjumpai pemilik kombi yang sering salah antara gigi mundur dan gigi 2. Jadi untuk menghindari pelat kopling selip.
  5. Kalau pengin keren lagi silahkan instalasi blaze cut power suppression, silahkan baca artikelnya disini. Sistem ini untuk mengantisipasi kebakaran yang biasanya sering terjadi bila pemilik kombi jarang merawat mesin.
  6. Penggantian selang-selang bensin yang sudah keras serta klemnya. iNi ada hubungannya sengan nomer 5 diatas.

Nah demikian itu yang bisa kita maksimalkan untuk menjaga performa mesin kombi agar tetap oke. Lain-lain juga perlu cek sistem kemudi serta kaki-kaki agar menunjang kinerja mesin. Ingin lebih jelasnya lagi nantikan hasil test drive kami.

tags: ,