Cara Mengatasi Ban Mobil Gundul Sebelah

CARA MENGATASI BAN MOBIL GUNDUL SEBELAH

Masalah ban gundul sebelah merupakan kejadian yang sering dialami oleh pemilik mobil tua. Mobil yang tergolong barupun kadang mengalaminya bila sering dipakai di jalanan yang rusak, karena berjalan di jalanan yang rusak bisa menyebabkan komponen kaki-kaki mobil anda lebih cepat aus.

cara mengatasi ban mobil gundul sebelahMasalah ban gundul sebelah pada mobil paling sering terjadi pada mobil-mobil jenis minibus atau mobil-mobil berpenumpang banyak dan kendaraan umum lainnya (seperti taksi dan angkutan kota). Hal ini sering terjadi karena pemakaian tiap harinya yang tiada henti sehingga memperpendek keausan kaki-kakinya.

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi ban mobil gundul sebelah:

  1. Faktor usia mobil, semakin tua tentunya masalah ban gundul lebih sering terjadi.
  2. Faktor pemakaian mobil yang terlalu sering sehingga menyebabkan keausan pada bagian kaki-kaki terutama tie road dan ball joint, seperti mobil angkutan umum, taksi, dll.
  3. Faktor pengemudi, sering para sopir membelokkan setir mobil dalam keadaan mobil berhenti seperti pada saat mundur ataupun akan berbelok arah sewaktu parkir. Untuk mobil dengan power stering memang tidak terasa berat setirnya, tapi kalau mobil anda belum power stering membelokkan setir dalam keadaan mobil berhenti akan terasa berat. Tanpa terasa akan berakibat ban gundul sebelah atau ban penjol.
  4. Shock breaker yang sudah terlalu lemah/ rusak berpengaruh juga terhadap ban gundul sebelah.
  5. Adanya keropos serta pengelasan yang salah pada dudukan sayap roda sehingga kondisi ban kanan dan kiri tidak simetris.
  6. Sering melewati jalanan yang rusak dan bermuatan berat.
  7. Faktor velg biasanya ini disengaja karena modifikasi chambernya dimiringkan.
  8. Masalah pada pengereman.
  9. Faktor usia ban.

Ciri-ciri ban mobil anda akan mengalami gundul sebelah :

  • Setir terasa bergetar bila jalan diatas 60 km/jam.
  • Pada saat mobil jalan sering terdengan suara decit ban (biasanya bau karet terbakar juga) karena gesekan ban dengan aspal terutama saat melewati jalanan yang kurang rata, misal saat melewati jembatan, dll.
  • Setir mobil terasa mau belok sendiri pada saat mobil melaju.
  • Ban terlihat miring (chamber) dan tidak simetris apabila dilihat dalam keadaan berhenti, misal ban kanan lebih keluar dari pada ban kiri, dsb.

Cara mengatasi ban gundul sebelah :

  1. Cari permasalahan yang menyebabkan ban gundul sebelah, coba spooring dan balancing dulu. Apabila setelah spooring dan balancing masalah teratasi segera ganti ban baru pada bagian depan mobil anda(sebaiknya ganti keduanya, kanan dan kiri) Cek juga bulan dan tahun pembuatan bannya bila mau ganti ban baru (jangan mau diganti dengan ban stok lama)
  2. Apabila ada permasalahan tidak simetris antara ban kanan dan kiri (biasanya tukang spooringnya ngomong) segera cek kondisi sayap, tie road atau bearingnya. Bila perlu ganti baru.
  3. Apabila dalam keadaan darurat seperti lagi dalam perjalanan dan gundulnya belum parah banget, anda bisa tukar antara ban kanan dan kirinya sehingga nantinya gundulnya merata. Segera setelah sampai tujuan kembali ke nomer 1 dan 2.

Demikian sedikit tips mengatasi ban gundul sebelah semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: , , ,