MENGHILANGKAN BAU IKAN DI DALAM MOBIL

Menghilangkan Bau Ikan Di Dalam Mobil

menghilangkan bau ikan dan udang di mobilDi bulan puasa ini, apalagi menjelang lebaran kita semua tentunya sangat sibuk dan mobilisasi kita tentunya didukung dengan kendaraan kita. Seringkali kita belanja ikan atau udang dan kita taruh di bagasi mobil kita begitu saja, walaupun sudah dimasukkan plastik tetapi seringkali plastiknya bolong atau miring sehingga ada air dalam kantong ikan atau udang yang kita beli netes atau tumpah dan mengenai karpet mobil kita.

Repotnya lagi apabila karpet mobil kita masih menggunakan karpet aslinya yang berbahan seperti kain atau bulu. Alangkah repotnya bila kita harus bongkar semua karpet untuk bisa menghilangkan bau ikan atau udang tersebut.
Bau ikan atau udang ini bila dibiarkan semakin hari baunya semakin busuk dan tentunya membuat kia tidak nyaman, pencucian karpet (loundy) akan memakan waktu lama dan repot bongkar pasangnya karena harus copot jok dsb.
Penyemprotan parfum atau wewangian akan semakin membuat bau yang tidak karuan yang bisa memicu pusing kepala atau mual.

Bagaimana cara yang praktis untuk menghilangkan bau ikan atau udang di dalam mobil kita?
Berikut ini yang pernah kami lakukan (karena memang kami pernah mengalami bau kedua hewan itu, ikan dan udang)

Pertama : cari atau cek lokasi tumpahan itu, basahi dengan air (bisa disemprotkan dengan alat semprot untuk mandi burung, atau percikkan pakai tangan saja) Gunakan sabun cuci batangan (ini lebih bagus) atau kalau susah mencarinya gunakan detergen bubuk dan sikat dengan sedikit air sampai berbusa.
Bilas (dengan cara disemprot atau di percikan) dengan air bersih sampai noda hilang dan tunggu sampai kering.

Kedua : setelah kering taburkan bubuk kopi hitam pada area bekas noda yang sudah dicuci tersebut dan biarkan sampai beberapa hari hingga bau ikan atau udang tersebut hilang (biasanya sekitar 5 hari)

Ketiga : setelah bau ikan hilang bersihkan karpet dari bubuk kopinya

Catatan : bubuk kopi bisa saja tidak ditaburkan langsung pada karpet tetapi bisa dimasukkan kantung dari kain atau kaos kaki yang berbahan tipis untuk memudahkan pembuangannya. Biarkan kaus kaki yang berisi bubuk kopi tersebut lebih lama ditempat bekas bau ikan atau udang tersebut.

Demikian sedikit tips berguna mengenai cara menghilangkan bau ikan di dalam mobil, semoga bermanfaat.

Simak manfaat bubuk kopi untuk menambal bodi mobil disini.

tags: ,