PENGARUH KACA FILM PADA SUHU DI DALAM MOBIL

Pengaruh Kaca Film Terhadap Suhu Di Dalam Mobil

kaca film untuk hijet 1000Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai banyaknya keluhan pemilik mobil (terutama mobil tua) yang sering komplain terhadap masalah AC yang tidak sejuk/dingin padahal kata mereka AC dalam kondisi baru. Keluhan ini sering diutarakan terutama bila siang hari.

Memang jaman sekarang ini alam sudah tidak bersahabat dengan kita, ya itu tentu saja karena ulah dan perbuatan kita sendiri sehingga menyebabkan perubahan iklim yang sudah tidak tentu lagi. Tapi mau bagaimana lagi itulah kehidupan di dunia yang penuh dengan nafsu dan keserakahan.

Woi jadi ceramah nih, kita kembali kepada pemilik mobil klasik atau tua yang sering berkeluh kesah dengan masalah ac yang kurang dingin. Disini kami perbandingkan saja mobil lama dan baru dengan spek mesin yang sama dan menggunakan jenis komponen ac yang sama.

Kami bandingkan saja antara hijet 1000 kami yang buatan tahun 1984 dengan xenia 1000 cc tahun 2010. Coba bandingkan selisih tahunnya anda mungkin tidak bisa mengira kalau AC hijet 1000 bisa mampu mendinginkan ruangan hijet 1000 yang tergolong lebih luas dari pada xenia.

Pada hijet 1000 yang pernah kami pasang AC kepunyaan xenia (dengan harapan bisa dingin seperti xenia) dan sudah kami test drive sampai keluar kota dan berjalan normal. Kendala yang berarti mengapa AC hijet 1000 kami tidak sedingin xenia karena beberapa hal seperti:

  1. Peredam bagian bawah jok depan yang kurang bagus, sebaiknya ganti dengan peredam panas yang bagus serta karet lis pada bawah jok juga ganti yang baru.
  2. Karet-karet pintu yang kurang rapat sehingga udara luar masih bisa masuk (ini juga berpengaruh pada suhu di dalam mobil)
  3. Peredam pada tutup mesin, karena posisi mesin hijet pada kolong mengakibatkan panas mesin berada pada areal lantai tengah, kalau peredam mesin kurang bagus maka penutup mesin juga akan terasa panas dan akan mengurangi hawa dingin di dalam ruangan.
  4. Peredam lantai yang kurang bagus juga berpengaruh pada suhu ruangan mobil untuk jenis mobil bermesin kolong (seperti hijet, suzuki carry dll)
  5. Yang nomer 5 ini juga sangat berpengaruh sekali yaitu kaca film mobil, apabila suhu mobil ingin lebih dingin dengan ac standar sebaiknya ganti kaca film dengan jenis kaca film solar control karena kaca film ini diklaim bisa menolak 50% dari cahaya matahari. Untuk masalah harga dan warna silahkan konsultasikan saja dengan penjual kaca filmnya.

Nah setelah ke 5 poin diatas kami ganti semua dijamin mobil tua anda ac nya akan bekerja secara maksimal alias adem pol dan dingin-dingin empuk.

Catatan:
Bila mobil anda mesinnya ada didepan (jenis sedan, SUV, dll) cek juga lubang-lubang bekas selang ac dll apakah tertutup rapat atau tidak, soalnya kebanyakan mobil tua banyak lubang yang bolong tidak tertutup pada kabin depan. Sebaiknya tutup dengan rapat menggunakan karet atau aspal (ditukang ac jual)

tags: