CARA PRAKTIS MELEPAS BAUT BERKARAT

Jumat, Desember 9th 2016. | tips bengkel

Cara Praktis Melepas Baut berkarat

melepas baut berkaratSebelum membahas cara praktis melepas baut berkarat kami ingin sedikit berbagi bahwa memiliki mobil tua memang mempunyai arti tersendiri dalam hidup kita, karena berbagai alasan untuk tetap merawatnya, misalnya saja mobil tua ini merupakan peninggalan sejarah dari kakek buyut kita atau mobil tua ini merupakan mobil pertama yang kita beli atas jerih payah kerja sendiri. Sungguh terasa nikmat dan penuh syukur atas rejeki yang Tuhan berikan untuk kita.

Tapi pernahkah kita mengalami hal-hal yang mendadak pada saat kita sedang santai berkendara dengan mobil tua ini? Seperti misalnya tiba-tiba saja kopling terasa tidak nyaman, atau rem yang berat saat kita injak atau hal yang gampang aki tekor dan kita mau menggantinya dengan aki baru. Akan tetapi pada saat kita akan cek dengan membuka bautnya sudah berkarat dan sulit melepaskannya. Kalau kejadian ini terjadi saat mobil masih di rumah sih gampang saja, kita bisa minta tolong bengkel datang ke rumah.

Akan tetapi bagaimana jika kita mengalaminya pas ditengah perjalanan?

Cara 1:

Apabila sudah anda persiapkan cairan penyemprot karat itu lebih praktis sebelum anda mulai membuka bautnya. Gunakan kunci pas atau ring yang sesuai dengan ukuran bautnya. Sebisa mungkin jangan digetok-getok dengan palu apalagi dengan membuka paksa tanpa disemprot pelumas dulu, hal ini bisa mengakibatkan kepala baut patah atau dol.

Cara 2:

Apabila anda tanpa persiapan membawa cairan penyemprot karat, gunakanlah MINYAK REM. Ya minyak rem bisa anda sedot sedikit dengan sedotan dan tutup dengan jempol kita lalu teteskan merata pada permukaan baut. Tunggu beberapa saat, setelah itu putar-putar baut tersebut dengan kunci yang pas, kalau belum mau berputar tetesi kembali dengan minyak rem lagi. Dari pengalaman kami cara ini bisa berhasil sekitar 90% kecuali untuk baut yang sudah benar-benar karatan dan sudah tipis karena biasanya kalau diputar kepala bautnya patah.

Catatan:

Hati-hati penggunaan minyak rem agar jangan sampai menetes pada bagian cat mobil/dasbor karena cat mobil anda akan mengelupas. Demikian sedikit tips dari penggemar mobil tua mengenai cara praktis melepas baut berkarat.

tags: , ,