SOLUSI MENGATASI KARAT PADA LANTAI MOBIL

Solusi Mengatasi Karat Pada Lantai Mobil

Untuk penggemar mobil tua terutama jenis sedan masalah karat terutama yang terjadi pada lantai adalah hal yang biasa, apalagi apabila mobil Anda berada di daerah dekat pantai. Keropos dan karat pun akan menyerang rangka atau chasis mobil Anda.

cat anti karatPada bagian yang lalu kami pernah menulis mengenai cara mengganti atau memperbaiki lantai mobil sedan. Silahkan baca kembali apabila Anda ingin belajar atau sekedar tahu supaya cara mengelas lantainya tidak sembarangan. Nah disitu kami menjelaskan secara umum apabila anda tidak bisa membuat pola lantai sedan secara detail, Anda bisa membuat pola yang umum saja (dengan model tulangan X) seperti yang kami gambarkan disitu.
Nah untuk sedikit mengelabuhi mata kita langkah selanjutnya adalah kita harus memberikan anti karat baik pada bagian atas maupun kolong mobil.

Untuk bagian atas bisa kita lapisi dengan cat semprot anti karat yang warnanya sama dengan cat dasar mobil kita, sedangkan pada bagian bawah bisa kita aplikasikan dengan semprot atau kuas yang penting hasilnya merata. Jangan lupa untuk menyamarkan sambungan las dengan sedikit menggerinda bagian yang di las sehingga rata.
Untuk jenis cat anti karat ini bisa Anda aplikasikan dengan beberapa merek cat yang biasa untuk dipakai mengecat baja. Kalau ingin yang lebih bagus lagi (terutama untuk bagian kolong) bisa menggunakan cat kapal.

Apa itu anti karat?

Anti karat dalam bahasa Inggris dinamakan dengan anti rust coating, merupakan sebuah material campuran bahan kimia tambang yang sudah mengalami proses pengolahan yang terdiri dari bahan perekat yang bernama resin dan di padukan dengan pigment atau pewarna supaya di dapat warna yang cemerlang dan ada tambahan sedikit additive sebagai penyempurnanya.

Bahan bahan kimia tersebut di atas akan di proses dengan cara di mixing atau di aduk dengan mixer supaya merata, selanjunya akan di giling dengan mesin giling umumnya bernama grandmill, dari grandmill di lanjutkan dengan melakukan thinthing atau pemilihan warna sesuai dengan permintaan dan akhirnya di timbang lalu di kemas atau packing. Proses di atas hanya sepintas saja, agar supaya sedikit menambah ilmu tentang pembuatan cat minyak.

Produk yang satu ini sebenarnya mempunyai macam macam jensi sesuai dengan nama resin yang dipergunakan, adapun macam-macam nama resin diantaranya adalah resin polyamide atau epoxy, resin polyurethane atau cat PU, resin rubber atau rubberized, resin alkyd, resin acrylic, dan sebagainya.

Untuk saat ini juga tersedia cat anti karat model spray yang cukup praktis. Ini biasanya kami aplikasikan pada bagian-bagian yang sempit dan tidak lebar, misalnya diatas ban.

tags: ,