MENGAPA MESIN TIGA SILINDER BERKEMBANG

Selasa, Mei 16th 2017. | berita otomotif

Mengapa Mesin Tiga Silinder Berkembang?

Halo sahabat mobilklasik-antik di seluruh penjuru Indonesia yang kita cintai. Kalau kita amati zaman sekarang ini pabrikan mobil sudah banyak yang mengembangkan mesin tiga silinder untuk mobil-mobil terbaru mereka. Sebut saja Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Nissan March, Ford Fiesta, dan masih banyak lagi.

mesin tiga silinderMereka semua mengadopsi mesin tiga silinder yang pada zaman hijet 1000 dibuat mungkin banyak yang mencibirnya yang akhirnya pada zaman itu Suzuki carry mengeluarkan pesaingnya dengan Carry 1000. Pada zaman itu banyak orang (terutama mekanik yang masih meragukan kemampuan mesin 3 silinder hijet 1000). Memang sih kalau kita rasakan antara mesin tiga silinder dan empat silinder dari segi kenyamanan lebih nyaman mesin empat silinder (mesin empat silinder terdengan lebih halus dan getaran mesin empat silinder lebih kecil dari pada mesin tiga silinder).

Waktu itu dengan dana yang sama ada penawaran hijet 1000 yang notabene mesinnya tiga silinder dengan suzuki carry 1000 yang sudah mengadopsi mesin 4 silinder, banyak bengkel yang menyarankan untuk memilih suzuki carry 1000 (hahaha… kasihan deh si hijet hanya karena bermesin tiga silinder kalah saing)
Tapi seiring dengan berjalannya waktu, ternyata hijet 1000 yang bermesin tiga silinder semakin banyak peminatnya, karena ternyata mesin tiga silinder pun mampu melaju sama cepatnya dengan carry 1000 bahkan bisa menyalipnya. Tentu saja si pengemudi carry juga takut mengejarnya, karena faktor rem suzuki carry lebih keras dan kurang menggigit bila dibandingkan dengan rem hijet 1000 yang notabene sudah memakai booster dalam pengeremannya (dijamin empuk nginjaknya)

Pertimbangan Mengapa Mesin Tiga Silinder Masih Eksis Sampai Sekarang

Banyak faktor yang menyebabkan mesin tiga silinder bisa menjadi pilihan smart city sekarang ini. Salah satunya yang mungkin sebagai pertimbangan adalah faktor ekonomis yang dipilih dari produsen. Hal ini yang menyebabkan beberapa smart city dengan harga murah karena dengan mesin tiga silinder tentu saja dimensi bentuk mesin bisa lebih kecil dan banyak bahan lain yang menjadi lebih sedikit dalam produksi serta program pemerintah dalam menciptakan go green.

Dengan berbagai penyempurnaan mesin tiga silinder zaman sekarang sudah sama halusnya dengan mesin empat silinder (sudah tidak ada getaran lagi, terutama pada putaran rendah).  Jadi jangan Anda anggap sama dengan mesin hijet ya? Hahaha.

Ada beragam cara yang diterapkan oleh produsen mobil untuk menghilangkan getaran pada mesin. Sebagai contoh, pada mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, pabrikan menggunakan injektor oli di ruang silinder. Dengan demikian friksi antar komponen dapat dikurangi dan getaran mesin dapat teratasi. Selain itu tingkat presisi komponen-komponen turut ditingkatkan, berikut dudukan mesin baru yang dapat meminimalisir getaran yang timbul.

Lain halnya yang dilakukan Nissan pada March yang mengandalkan mesin HR12DE. Salah satu pabrikan mobil asal Negeri Bunga Sakura ini mengaplikasikan teknologi micro finishing pada bagian internal mesin untuk mengurangi friksi. Di samping itu, efek dari ketidakseimbangan revolusi mesin pun disalurkan dengan menggunakan rantai di dalam mesin ke pompa oli. Alhasil getaran mesin menjadi berkurang.

Pabrikan mobil baru ternama Ford juga memiliki trik tersendiri untuk mengatasi kelemahan mesin 3-silinder. Ford menghadirkan Fiesta bermesin EcoBoost 1.000 cc, tiga silinder, turbocharger yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga minim getaran.

Rahasia di balik trik Ford adalah dengan membuat flywheel mesin tersebut tidak seimbang. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Trevor Wirthington, selaku Vice President, Product Development Ford Asia Pasific. Berkat ketidakseimbangan tersebut, Ford Fiesta sanggup melaju tanpa getaran khas mesin tiga silinder.

Salah satu hal yang dapat menunjang minimnya getaran pada mesin tiga silinder adalah dengan penggunaan teknologi engine mounting. Bahan karet engine mounting yang lebih empuk, hingga penataan posisi engne mounting memberikan dampak besar dalam hal getaran di dalam kabin.

vw lupo diesel

vw lupo 1,4 tdi mesin tiga silinder diesel

Intinya dengan perkembangan teknologi mesin tiga silinder sekarang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi lebih irit dan tenaga yang besar serta getaran mesin yang lebih kecil. Jadi kalau ada mekanik yang meragukan mesin ganjil (karena mesin-mesin mobil produsen kelas atas biasanya menggunakan mesin jenis V6 atau V8) jangan salah karena produsen mobil kelas atas juga memproduksi mobil bermesin ganjil. Misalnya kalau tiga silinder, VW Lupo pakai mesin tiga silinder, diesel lagi. Peugeot juga punya mesin tiga silinder 1000 cc atau 1100 cc buat 107-nya.
Kalau lima  silinder dipakai Volvo (5 silinder 2500 cc), Land Rover (Td5 5 silinder 2500 cc)

Demikian sedikit ulasan mengapa mesin mobil tiga silinder berkembang hingga sekarang ini. Salam tiga silinder.

tags: ,